Youthack

Tips Hidup Sehat Ala Mahasiswa

Healthy lifestyle vector illustration with typography. Design elements for a poster, flyer, graphic module.  Tips Hidup Sehat Ala Mahasiswa health revoluside1

Kesehatan. Sebuah topik yang sering di publish tapi jarang digubris.

Yap. Terutama bagi mereka yang ngerasa santai-santai aja sama kondisinya. Padahal kalo udah jatoh sakit, baru deh berasa gimana perihnya. Tapi yaa emang udah gitu sih sifat dasar manusia. Kalo belom kena dampaknya yaa belom hati-hati.

Nah, kali ini Revoluside punya tulisan bagus banget soal gaya hidup sehat dari Ajew, salah satu kontributor Revoluside. Tulisan ini sengaja gak disunting karena emang sebagian besar berasal dari pengalaman Ajew sendiri dalam menjaga kesehatannya sebagai mahasiswa seni. Ajew emang bukan dokter, tapi Revoluside jamin tulisannya bisa banget nyelamatin hidup ribuan mahasiswa.

Masa sih?

 

**

Gaya Hidup Sehat

Oleh : Ananda Jw

Takdir mengharuskan gue kuliah jauh dari rumah, rasanya sedih banget pas sakit. Biasanya ada orang tua di samping, tapi sekarang ditemani tugas yang menumpuk di kamar. Sebagai bocah yang gampang sakit, selama setahun ini hidup di kota orang, gue belajar banyak hal gimana caranya untuk bertahan hidup termasuk jaga kesehatan.

Pelajar terlebih mahasiswa pas lagi sibuk-sibuknya, kalau daya tahan tubuh jelek gampang banget jatuh sakit. Apalagi akhir-akhir ini cuaca lagi gak baik yang juga bikin gampang sakit. So, gue mau bagi dan bantu jelasin tips jaga kesehatan lewat beberapa point di bawah ini:

 

#1 Make a Good Relationship

Kini gue sadari arti pentingnya “punya pacar/gebetan” buat anak perantauan kaya gue. Butuhnya kehadiran seseorang yang sedia nganter makanan ke kos atau beliin obat, dan yang bantu mengurangi rasa sakit lo. Point-nya punya pacar bagi gue disitu sih, hahaha. Tapi tenang aja, buat jomblo jangan sedih karena banyak kok temen yang peduli dan bisa gantiin posisi itu.

Be kind with your neighbours, mau di kos ataupun di kontrakan. Soalnya mereka kemungkinan besar jadi penyelamat pertama saat lo butuh bantuan. Jangan jutek. Semakin baik hubungan lo sama tetangga, semakin nyaman hidup lo tinggal di lingkungan itu. Pengalaman gue waktu sakit, karena ga sanggup nahan sakit akhirnya gue ketuk pintu sebelah. Mostly it makes me feel better.

If you have a serious illness, you MUST to tell it with your close friends or neighbours. Gak usah malu. Tapi gak perlu lo kasih tau manusia sepenjuru dunia juga sih, orang yang lo anggap penting aja. Jangan lupa kasih nomer orang tua/wali lo ke mereka, jika sewaktu-waktu penyakit lo kambuh dan lo gak berdaya, ada orang yang bantu kabarin ke ortu lo dan minta solusinya.

Nomer-nomer yang perlu lo simpan di kontak hp lo:

  1. Delivery order

Ketika lo akan mulai hidup di suatu lingkungan baru, coba cari tempat makan terdekat di sana yang nyediain pelayanan delivery order. Dan kalau ada, simpan beberapa nomer tempat makannya supaya ketika di satu tempat unavailable, lo bisa hubungin tempat yang lain. Tapi usahain makanannya bukan junk food/fast food.

Ini berguna banget, apalagi buat jomblo. Ketika lo lagi lemas buat cari makan keluar lo bisa telp doang nunggu ada yang nganter.

  1. Dokter panggilan

Cari-cari info, siapa tau di daerah tempat lo tinggal ada dokter umum yang sedia dipanggil kalau lagi darurat.

  1. Rumah sakit terdekat

Buat jaga-jaga aja sewaktu butuh lo gak perlu lagi browsing atau nanya orang buat cari nomer telp rumah sakit, kelamaan.

 

#2 Atur Pola Makan

Usahakan jangan telat atau kurang makan, soalnya anak sekolah/kuliahan rawan banget sakit maag. Maag juga jangan disepelein, udah banyak yang meninggal gara-gara sakit lambung. Ngeri kan..

Dan kalau kurang makan, lo gak bisa ngapa-ngapain dah seharian pasti lemes jadinya gak produktif. Sayang waktu lo kebuang sia-sia. Kalau gak makan karena gak ada duit, disitu lah perlunya lo harus pinter ngatur temen dan keuangan. Haha, iya temen. Pasti bisalah saling bantu.

Oh ya satu lagi, sarapan itu penting!

 

#3 Perangi Makanan-Enak-Belum-Tentu-Sehat

Anak sekolah/kuliahan lekat banget hubungannya sama “mie instan”.

Hmm gue saranin jangan terlalu deket sama yang satu ini, gue paham sih dia sahabat terbaik saat meredakan rasa lapar di waktu kritis gak ada duit atau males cari makan keluar. BUT, friend can be an enemy, remember?

Suatu saat sobat yang lo cintai ini bisa membunuhmu secara bertahap. Sounds bad,  tapi kenyataannya gitu.

Singkatnya, mie instan mengandung berbagai zat yang dapat merusak organ pencernaan dan otak manusia bila dikonsumsi terlalu banyak. Apalagi buat lo yang punya sakit maag, usahain gausah pdkt lagi sama ‘dia’.

Gue sendiri berusaha menghindari makan mie instan, suatu saat gue males banget keluar cari makan karena sibuk dan akhirnya terpaksa makan mie yang itupun dikasih temen kos. Setelah itu gue dapat masalah serius sama lambung. Nyesel banget harus sakit di saat tugas numpuk. Jadi jangan sampai kaya gue yaa.

Hmm at least makan mie jangan lebih dari 1 x seminggu, mungkin.

Selain mie, coba kurangi juga makanan berminyak (gorengan) dan minuman dingin.

 

#4  Banyak Minum Air Putih

Jangan pelit minum air putih, bahkan daripada beli minuman bersoda ataupun minuman berasa lainnya mending uangnya buat beli air mineral. Jangan pikir minum air putih tuh cukup karena haus atau habis makan aja, mengonsumsi air putih yang banyak bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

“Banyak minum bikin pipis mulu ah, males bulak-balik WC”

Justru bagusnya disitu, dari sering buang air jadi racun-racun di tubuh pun ikut kebuang sehingga ginjal dan tubuh jadi lebih sehat.

Ketika lo merasa sakit kepala saat ngerjain tugas atau melakukan kesibukan lainnya, istirahat sejenak dan segera minum air putih. Air putih memasok cukup oksigen ke otak sehingga pikiran jadi lebih segar dan jernih. Air putih pun bantu lo lebih konsentrasi terhadap pekerjaan yang lagi lo kerjain, then you’ll make the best result!

Besides that, air putih bantu lo melembapkan kulit yang kering dan kusam, buat lo tampak segar dan awet muda.

 

#5 Konsumsi Buah-Buahan

Sisihkan juga sebagian uang buat beli buah, bagusnya sih setiap hari karena buah-buahan penting bagi kesehatan tubuh.

Buah-buahan adalah sumber vitamin, gizi, dan antioksidan terbesar. Dengan rutin makan buah-buahan tiap hari, tubuh akan terasa segar terus, mempercepat penyembuhan dan bahkan menghidari kita dari berbagai penyakit, dan dapat jadi menu diet alami. Selain itu, buah-buahan juga baik buat lo yang suka pikun.

Kalau males beli ke pasar, simpelnya beli jus yang siap sedot. Tapi kalau terlalu sering minum jus juga ga baik, karena kadang lambung perlu bergerak dalam mencerna buah untuk menjaga kesehatannya.

Oya, buah-buahan baiknya dikonsumsi pada pagi hari ketika perut masih kosong (sebelum sarapan). Hal itu bantu tubuh lo menyerap nutrisi penting dalam buah-buahan secara efektif. Tapi hindari buah-buahan yang asam di pagi hari.

Selajutnya, dianjurkan makan buah 20-30 menit sebelum makan nasi, biarin dulu organ pencernaan menyerap nutrisi dalam buah sebelum mencerna yang berat. Loh, Kenapa emang?

“Gunanya, untuk membilas lambung kita dari sisa-sisa sampah sebelumnya, agar pencernaan berikutnya berjalan lancar dan alami sebelum diisi dengan makanan yang berat,” kata Dr Muhammad Suwardi, ditulis Health Liputan6.com pada Senin (21/7/2014)

Jadi salah kalau lo pikir buah-buahan sebagai makanan penutup, justru itu malah bikin gangguan pencernaan.

Terakhir, pilih buah-buahan yang segar. Kalau yg udah busuk lo makan mah kaga ada manfaatnya. (You don’t say…)

 

#6 Jangan Benci Sayuran Hijau

Banyak orang gue temui yang gak suka sayuran hijau. Sayang banget, padahal sayuran hijau penting banget. Sama halnya kaya buah-buahan, sayuran hijau juga itu sumber nutrisi dan vitamin.

Sayuran hijau punya banyak Klorofil yang bantu bawa energi dan oksigen ke sel-sel tubuh. Dia kaya akan enzim yang penting untuk pencernaan dan mendukung kerja organ-organ tubuh, dan alkali untuk bantu pemurnian darah. Serta telah terbukti juga bahwa sayuran yang warnanya hijau gelap mengandung banyak karotenoid, yaitu jenis antioksidan yang mampu melindungi sel-sel dari kanker.

Gue lebih rekomendasi sayuran hijau, bukan berarti melupakan sayuran yang lain. Tiap jenis sayuran pasti punya manfaat tersendiri bagi kesehatan tubuh.

 

#7 Suplemen Makanan

Bagi lo yang gak sempet makan buah/sayuran, bolehlah minum suplemen buat menuhin nutrisi tubuh lo dan menjaga daya tahan tubuh. Atau yang gak suka makan ikan, lo bisa konsumsi kapsul minyak ikan.

 

#8 Jaga kebersihan

Merawat kesehatan tubuh gak dari asupan yang kita konsumsi aja, tapi juga lingkungan sekitar kita harus bersih supaya gak gampang sakit. Jangan males bersih-bersih ya, emang enak apa tinggal bareng sama parasit.

Bisa dibilang, pasti ada lah temen kuliah lo yang kalau ke kampus gak mandi. Hiy, entah males atau sibuk sampai dakinya tebal dan bau ketek terpaksa harus menusuk indra penciuman lo. Yuck! Ya atuhlah ulah teu ibak pisan, saha nu bogoh ka jalmi nu tara ibak mah da sok bau kelek. Jadi, MANDI.

Jangan lupa ganti seprai kasur, bantal, dll seenggaknya seminggu sekali. Kuras bak mandi seminggu sekali juga perlu.

Coba juga untuk cuci muka, tangan, kaki, dan gosok gigi sebelum tidur biar paras lo semakin berbinar.

Anyway, beres-beres kamar adalah fitness terbaik dan termurah! Kamar lo jadi lebih nyaman, lingkungan lo bersih, dan tubuh lo jadi sehat (karena segala kegiatan bersih-bersih itu membakar cukup banyak kalori), trus bahagia deh hidup lo haha.

 

#9 Sesibuk Apapun, Luangkan Sebentar untuk Olah Raga

Ketika lo disuruh olah raga dan yang lo pikir itu lari pagi, jujur aja gue juga males banget untuk itu. Banyak kok aktivitas olah raga yang menyenangkan, misalnya bersepeda, main permainan bola, nari, naik gunung, dan bahkan tertawa menurut gue olah raga. Olah raga perut!

Banyak manfaat dari olah raga rutin terutama dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyehatkan jantung dan otak.

 

#10 Sleep Well

Berdasarkan pengalaman gue dan teman-teman sebagai korban tugas yang lembur terus bahkan gak tidur sampe dua hari, gils sehari gak tidur aja udah ngaruh banget sama kondisi fisik dan psikologis di esok harinya.

Lo bakal lemes, dan nyebelinnya cepet kesel jadi marah-marah mulu. Dan satu lagi yang fatal, kurang tidur tuh bikin pikun. Kurang tidur dan kerja non stop bikin degradasi otak.

Some cases, memaksakan tubuh gak tidur beberapa hari bikin semua organ tubuh rusak dan akhirnya meninggal dunia. Creepy.

Kalau kebanyakan tidur juga gak baik. Waktu tidur yang baik itu sekitar 7-9 jam. Kalau pun terpaksa lembur karena banyak tugas, seenggaknya istirahat sebentar, tidur 1-2 jam terus lanjut lagi.

Gimana buat yang waktu tidurnya pindah dan pengan balikin jadi normal lagi? Malem jadi siang, siang jadi malem?

Lo masih inget gak kenapa waktu tidur lo bisa pindah dan berantakan? Mostly karena awalnya lo memaksakan untuk gak tidur pas malemnya, bukan? Nah, kalo lo mau balikin jadi normal lagi, mau gak mau lo harus bangun pagi dan memaksakan untuk gak tidur siang di hari itu. Lakuin itu selama seminggu, gue jamin waktu tidur lo gak berantakan lagi.

That’s all! Segitu aja sih tips-tips yang bisa gue share buat bantu lo jaga kesehatan selama jadi mahasiswa mandiri. Sebenernya gak hanya untuk anak kuliah perantauan aja sih, tips ini bisa dipakai buat siapa aja.

Be healthy, be happy!

 

 

 

—–Baca juga :

——-Mengenal Lebih Dekat Dunia Perkuliahan

 

 

About the author

Rizky Zulkarnaen

Speaker, Writer, Engineer

Leave a Comment