Knowledge

[PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran

nepal revoluside 2 [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran nepal revoluside 2

(Image for: Nepal)

Gempa berkekuatan 7,9 SR menerjang Nepal pada Sabtu (25/4). Korban tewas akibat gempa di Nepal akhir pekan lalu menembus angka 4.000 orang. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah seiring pencarian yang masih terus berlangsung, baik di perkotaan dan pedalaman terpencil.

Diberitakan The Independent, kekuatan gempa Nepal disebut berkali-kali lipat dari kekuatan bom atom yang menghancurkan Kota Hiroshima, Jepang pada Perang Dunia Kedua silam. Bahkan kekuatan gempa disebut-sebut setara dengan kekuatan 20 bom atom.

http://www.cnnindonesia.com/internasional/20150428115222-113-49685/kekuatan-gempa-nepal-setara-dengan-bom-atom/

 

Tapi bukanlah kengerian dan kepiluan gempa di Nepal yang mau dibahas pada artikel Revoluside kali ini. Melainkan, kaitannya dengan apa yang tertulis didalam Al-Quran, kitab pedoman umat beragama muslim.

Namun sebelumnya, untuk pemahaman yang lebih mantap, Revoluside akan terlebih dahulu memberikan penjelasan tentang gempa bumi.

       Gempa Bumi?

Dulu.. Orang beranggapan bahwa bumi kita itu datar dan benua-benua yang ada bersifat rigid (kaku) yang artinya posisinya tetap, gak berpindah-pindah. Cuman teori ini cepet basinya. Beberapa saat kemudian, ternyata ditemuin benua amerika. Nah, pas dilakuin pemetaan ternyata kok ada kemiripan yah benua amerika sama eropa. Mirip dimananya? Di sobekannya itu lho.

world-map-clickable [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran world map clickable

Nah, kamu perhatiin baik-baik daratan yang disebelah kiri (Amerika) dengan yang disebelah kanan (Eropa-Afrika). Seandainya kamu itu Tuhan dan bisa menggeser 2 daratan diatas biar nempel, maka kamu akan bisa simpulin kalo ternyata 2 daratan itu akan match! Bim salabim, Nyambung men puzzlenya.

Selain morfologi di sepanjang garis pantai kedua daratan yang sama, ternyata flora dan fauna di dua tempat yang bersebrangan itu punya banyak kesamaan. Padahal kalo dipikir-pikir, jaraknya jauh gila. Hal ini deh yang akhirnya membuktikan kalo sebenernya dulu benua amerika dan eropa-afrika itu pernah nyatu!

Hal ini juga yang menjadi titik tolak dari konsep-konsep awal, yang finally menerangkan bahwa kedudukan benua-benua itu gak tetap, akan tetapi selalu bergerak.

Terus kalo teori awal ini salah, mengacu kemanakah teori-teori yang kita pake sekarang?

Teori yang paling mutakhir dan digunakan sebagai acuan pada masa ini adalah Teori Lempeng Tektonik. Teori ni didasari oleh penjelasan Alfred Wegener dalam bukunya, The Origin of Continents and Oceans (1915).

Wegener bilang kalo sebenernya benua-benua yang sekarang ada, dulunya adalah satu bentang muka yang bergerak menjauh.

Ilustrasinya sebagai berikut:

Keliatan kan sekarang proses gimana lempeng-lempeng tektonik yang ada saling bergerak satu sama lain? Nah karena bumi kita itu bulat, gak bisa dibilang juga kalo lempeng yang bergerak itu saling menjauh. Karena ketika suatu lempeng menjauh, berarti juga bergerak mendekati lempeng lain. Ya dong?

Pertanyaannya : kenapa lempeng-lempeng itu bisa bergerak dengan sendirinya?

Jadi gini. Kalo kamu pernah liat baik-baik gambar dari struktur bumi, kamu akan liat kalo inti bumi itu tuh cair. Isinya magma-magma panas yang bersifat liquid mirip kayak lumpur. Tapi ini versi yang super hot!

Nah diatasnya baru deh ada lapisan yang lebih padat dan keras macem mantel  bumi, kerak bumi dan kawan-kawan.

Kamu bisa bayangin kalo ada perahu yang gak punya mesin dan layar ngambang ditengah-tengah laut, maka perahu itu akan terombang ambing kesana kemari. Bebaslah si perahu mau bergerak kemana juga.

Sama kayak lapisan padat bumi yang dibawahnya ada cairan magma.

bagian-bumi [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran bagian bumi

Kan.. Tuh bisa kamu liat. Di lapisan inti bumi ada yang namanya bla bla bla molten metal. Seperti yang kita tau, molten itu pisang. Aaak!

Molten itu artinya dicairkan atau mencair. Baru deh diatasnya ada mantel, kerak, dan lempeng-lempeng. Jadi, udah jelas dong yah kenapa lapisan bumi (lempeng-lempeng) itu bisa bergerak?

Oiya, Revoluside mau kasih tau dulu ke kamu. Kalo di bumi kita ini tuh ada 2 jenis lempeng. Ada lempeng benua (diatas lempengnya dominan daratan) dan lempeng samudera (diatas lempengnya dominan lautan). Nah lempeng benua dan samudera ini kalo digabungin dan diitung, jumlahnya kalo ga salah ada 12. Eh 13?

Nih itung sendiri deh:

tectonic-plates_web [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran tectonic plates web

 Plate Tectonics (Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Plate_tectonics)

Terus dimana nih letak hubungannya gempa Nepal dan Al-Quran?

Bentar dulu. Kamu sabar aja dulu baca artikel ini dan akan terkejtuut-ketjuut pasti diakhir paragraf.

Balik lagi ke soal lempeng. Seiring kemajuan teknologi dan fenomena alam yang terjadi, akhirnya peneliti sudah bisa mendeteksi dan menyimpulkan arah gerak dari masing-masing lempeng. Nah, pergerakannya itu dibagi jadi tiga jenis. Ada gerak konvergen, divergen, dan transform.

Gerak konvergen adalah pergerakan antar lempeng yang saling tumbuk (tabrak). Kalo gitu, lempeng yang tabrakan akan punya 3 kemungkinan dong? Entah itu lempeng benua dengan benua yang nabrak? Benua dengan samudera? Atau bahkan samudera dengan samudera tergantung letak dari lempeng-lempeng tersebut. Gerak inilah yang nantinya akan jadi fokus pembahasan kita terkait hubungannya dengan gempa di Nepal.

Kalo divergen adalah kebalikannya konvergen. Divergen adalah gerakan antar lempeng yang saling menjauh. Gerakan menjauh ini bisa terjadi di benua (daratan) ataupun samudera. Contoh fenomenanya, ada di Islandia.

Nah Islandia itu pulaunya ga gede, tapi ga kecil juga. Cuman gawatnya, pulau iceland atau islandia ini berada tepat diperbatasan antara lempeng Amerika Utara dan lempeng Eurasia yang ternyata bergerak saling menjauh.

iceland [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran iceland

Nah! Keliatan kan sekarang kalo Islandia terletak diujung lempeng Eurasia dan diujung lempeng Amerika Utara. Bisa deh sekarang kamu simpulin kalo fenomena ini termasuk kedalam kategori divergen.

Ah masa sih? Mana buktinya? Nih..

rift [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran rift

The Rift Valley, Iceland (Sumber : britannica.com)

Keliatan kan sekarang rekahan dari kedua tebing. Lagi-lagi seandainya kamu jadi Tuhan dan bisa geser tebing itu biar nempel, tebing itu akan macth! Fenomena ini dinamakan The Rift Valley, atau lembah rekahan dimana lempeng-lempeng yang dulunya nyatu, perlahan-lahan terus bergerak saling menjauh.

Ada lagi gerak transform, dimana kedua lempeng saling bergesekan/berpapasan. Contoh peristiwa yang terkenal ada di Los Angeles, United States. Yap, ada dua lempeng yang saling bergesekan. Yaitu lempeng Pasifik dengan lempeng Amerika Utara.

San-Andreas-Sabrut-edit [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran san andreas sabrut edit

Akibatnya, ada sebuah fenomena terkenal yang disebut San Andreas Fault. Dimana terbentuk sebuah retakan lempeng yang berpapasan. Nah, kalo papasannya nabrak akan kebentuk bukit-bukit kecil, tapi kalo jauh bisa juga ngebentuk jurang.

San andreas fault [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran san andreas fault

San Andreas Fault, Los Angeles, United States (Sumber : wikipedia.org)

Jadi masuk akal kan sekarang? Nah lempeng-lempeng ini yang jadi biang kerok gempa-gempa tektonik. Trus kalo gempa vulkanik? Ah.. Gempa vulkanik, reruntuhan dsb itu sebenernya cuma istilah aja.

Semua gempa yang terjadi pada intinya tercipta dari aktivitas lempeng-lempeng tektonik ini.

Dari situ juga bisa kamu simpulin, seandainya terjadi pergerakan baik itu menjauh, nabrak, atau cuma berpapasan, maka lokasi-lokasi diataslah yang akan memiliki dampak terparah. Karena meskipun letak titik gempanya yang cukup jauh, secara nyata keliatan kalo interaksi antar lempeng terjadi tepat di perbatasan-perbatasan tersebut.

Divergen udah ada contohnya, transform juga. Lhaa, kalo konvergen?

Kamu udah nonton Fast and Furious 7? Beuh, kalo belom mending kamu cepet-cepet nonton biar agak ‘kekinian’. Nah, kalo kamu udah pernah nonton, inget gak scene yang Vin Diesel (Dominic Toretto) sama Jason Statham (Deckard Shaw) tanpa ragu nabrakin mobil mereka dengan kecepatan penuh?

Revoluside gak bisa dapetin clip videonya. Tapi untung ada yang share imagenya di google image. Nih penampakannya :

Furious-7-Car-Crash-Between-Dom-and-Deckard [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran furious 7 car crash between dom and deckard

Scene paling keren nih, car crash between Dom and Deckard

Yang pengen Revoluside tunjukin bukanlah kekecean akan keberanian mereka nabrakin mobilnya. Tapi Revoluside pengen kamu zoom gambarnya dan liat dampak yang terjadi akibat tabrakan mobil. Kamu liat terutama dibagian bemper depan.

Ada banyak lipatan-lipatan yang terjadi akibat tabrakan.

Lipatannya bisa aja kebawah, atau keatas. Cuman, kalo misalnya posisi, massa, jenis, dan kecepatan mobil itu sama saat tabrakan, maka lipatan yang terjadi akan cenderung melekuk keatas. Ya gak? Kalo salah satu mobil lebih berat dan lebih besar momentumnya, maka lipatan yang  terjadi ada yang menunjam kebawah (yang lebih berat), dan menunjam keatas (yang lebih ringan).

Nah, ini persis sama kaya peristiwa konvergen. Cuman yang berinteraksi dalam tabrakan adalah lempeng-lempeng tektonik.

Revoluside bisa aja cerita panjang lebar soal tabrakan antar lempeng samudera-samudera, benua-samudera, atau benua-benua. Cuman males aja kebanyakan. Kamu cari aja sendiri deh karena yang bakalan dibahas disini cuman konvergen benua dengan benua which is yang minggu lalu kejadian di Nepal.

FYI aja, karena lempeng yang tabrakan adalah lempeng benua dengan benua (akan dijelasin lagi dibawah), masa, kerapatan, dll kedua lempang itu hampir sama. Akibatnya selama jutaan tahun tabrakan, peristiwa ini membentuk lipatan-lipatan yang menjulang tinggi keatas. Nahh, disinilah proses dimana terbentuknya pegunungan himalaya yang terletak pas di perbatasan kedua lempeng benua.

Pantes yaah, gunung tertinggi di dunia ada di Everest, Himalaya. Wong terciptanya akibat tabrakan antar lempeng benua selama jutaan tahun kok?

Hmm.. Udah kali yahh, sekarang udah agak ngerti seputar dunia per-lempeng-an. Yuk masuk ke inti pembahasan!

Kamu juga mungkin bertanya-tanya kok sebegitu dahsyatnya yah gempa yang terjadi di Nepal? Meskipun emang skala gempa termasuk dahsyat (diatas 7), tapi ada banyak gempa yang lebih dahsyat namun dampaknya ga separah itu. Bahkan diawal dibilang kekuatannya setara dengan 20 kali bom atom.

Nah, tinggal kamu pikir aja lagi. Gempa yang dahsyat tapi letak pusat gempanya jauh dari pemukiman padat penduduk (misal ditengah laut) akan berdampak jauh dengan gempa yang pusat gempanya terletak tepat dibawah pemukiman itu.

Dan.. Balik ke perumpamaan mobil nabrak tadi. Bagian depan mobil lah yang mengalami kerusakan paling parah. Yang belakang mah selow. Artinya, diperbatasan lempeng lah yang mengalami kerusakan terparah.

Belum lagi kalo diliat kedangkalannya. Semakin dangkal gempa, maka dampak yang dirasakan semakin parah. Getarannya makin menggila!

Kalo kita kilas balik ngeliat peta lempeng, kamu akan liat kalo Nepal itu tepat berada di perbatasan 2 lempeng yang saling nabrak (konvergen). Nih dikasih lagi gambarnya.

nepal-sabrut [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran nepal sabrut

 Plate Tectonics (Sumber: en.wikipedia.org)

Tuh bisa kamu liat, di gambar atas udah Revoluside tandain dimana sih Nepal itu. Dan kamu juga bisa liat kalo Nepal persis terletak di perbatasan antara lempeng India dan Eurasia yang bergerak saling tumbuk (liat garis kotak merah). Selain itu kamu pun bisa liat clearly, kemana sih arah lempeng-lempeng yang ada di bumi itu bergerak?

Yaudah. Tinggal kamu simpulkan lah. Pusat gempa terletak persis di Nepalnya, lempeng yang tabrakan persis di Nepalnya, daaaannnn.. Kedalaman gempanya gak jauh dari dataran Nepalnya. Wuff!

Alhasil, beginilah :

nepal-before-after [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran nepal before after

nepal 2 [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran nepal 2

sabina [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran sabina

Wkwkwk kok malah jadi Sabina? :v

APTOPIX Nepal Earthquake [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran nepal

nepal 3 [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran nepal 3

See? bisa diliat kan dampak duahsyatnya gempa Nepal.

Nah sekarang baru deh Revoluside mau jawab pertanyaan di judul artikel ini.

Jadi bener gempa Nepal tertulis di Al-Quran? Kalo tertulis gitu, berarti seharusnya bisa kita hindarin dong. Iya! Ga perlu ada rumah yang hancur dan korban jiwa? Yap!

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surat An Naml ayat 88.

An naml [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran an naml

Tuh bisa dibaca sendiri artinya. Kita semua nyangka kalo gunung-gunung (daratan) itu diam pada tempatnya. Padahal sebenernya mereka semua (gunung dan daratan) berjalan layaknya awan.

Saat ayat ini pertama kali turun, ada banyak cercaan yang di terima Nabi Muhammad. Non sense! Gila! Geblek! Rasul sedeng!

Iya. Kalo kamu hidup dimasa itu, 100% Revoluside yakin kita akan bareng-bareng bilang Nabi Muhammad statementnya ga masuk akal! Yaiyalah. Moso iya gunung bisa jalan-jalan?

Nah tapi, udah kebukti kan kebenaran ayat ini lewat kemajuan teknologi yang udah berkembang pesat di abad ke 19? Hebatnya adalah, quran diturunkan jauh jauh jaaaauuuh sebelum teori ini dikemukakan sama Alfred Wegener.

Ada juga disurat An Nahl. Bunyinya :

An Nahl [proved] gempa nepal tertulis di al-quran [PROVED] Gempa Nepal Tertulis di Al-Quran an nahl

Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk. Beuh!

Buktinya sekarang, peneliti pernah meneliti seandainya kalo gunung-gunung itu dicabut, maka setiap saat bumi akan kena goncangan-goncangan yang dahsyat.

Sebenernya kalo kamu paham betul, gak perlulah pake sumber peneliti segala. Pikir aja pake logika dengan teori dan pembuktian yang sudah ada. Pasti jawabannya ga akan jauh beda.

Trus kalo gunung mencegah terjadinya gempa dan goncangan, kenapa malah di gunung sering kejadian gempa?

Gini. Kamu pergi ke komplek, pergi ke perumahan, ke taman, dsb. Disana banyak orang yang sakit gak? Nggak. Tapi kalo kamu pergi kerumah sakit, disana banyak gak yang sakit? Banyak banget.

Nah, sama analoginya dengan gunung yang sedang kita bicarakan. Kamu ga akan nemuin gempa di dataran lapang. Tapi saat kamu main ke gunung, which is tempat dikumpulinnya gempa, kamu akan bisa tarik kesimpulan. Nyambung dong yah?

Dan btw, Zakir Naiq, seorang agamis muslim jenius dengan gamblang menrincikan pembuktian satu persatu kebenaran Quran dan membandingkannya dengan kitab lain. Hasilnya, dia menyimpulkan kalo 80% isi dari Al-Quran sudah dibuktikan secara sains. Sisanya hanya tinggal menunggu waktu seiring kemajuan teknologi yang lebih advance.

Lhaaa, tapikan.. Tetep aja ayat-ayat itu gak bisa menjelaskan keterangan detail mengenai akan terjadinya gempa di Nepal?

Weeeeittt.. Iya emang. Tapi kamu harus bisa bedain dulu nih antara Quran dengan ensiklopedia dan buku bacaan sains atau pelajaran lain. Di Quran kamu gakkan nemuin 1+1 berapa, Hitler bakal ngapain, rumus relativitas, metabolisme, hukum ekonomi, dan lain sebagainya.

“Quran is not telling you a ‘science’ (es-ci-ai-i-en-ci-i), but Quran is telling you a ‘sign’ (es-ai-ji-en)”.

Jadi Revoluside gak bohong dong? Di Quran emang gak ditulis, “pada hari ini akan terjadi gempa di Nepal disebabkan oleh bla bla bla.” Quran gak ngasih tau lo pengetahuan tentang itu.

TAPI, Quran ngasih kamu tanda akan hal itu.

About the author

Rizky Zulkarnaen

Speaker, Writer, Engineer

1 Comment

  • AWESOME!!!! 4 thumbs for you haha
    Alquran memang pedoman, subhanallah kagum bgt sm Allah, mikirin kehidupan manusia dan seisinya sampe detail gt. Kalo ibarat bahasa kita sih visioner

Leave a Comment