Relationship

Penjelasan Kenapa Pasangan Yang Lebih Sedikit Memposting Hubungan Mereka Di Social Media Lebih Bahagia

social-media-is-spoiling-relationship1  Penjelasan Kenapa Pasangan Yang Lebih Sedikit Memposting Hubungan Mereka Di Social Media Lebih Bahagia social media is spoiling relationship1

(Image for : Social MediaPenjelasan Kenapa Pasangan Yang Lebih Sedikit Memposting Hubungan Mereka Di Social Media Lebih Bahagia arrow Effect)

These days, media sosial menjadi hal yang sangat populer bagi semua kalangan masyarakat. Kepopulerannya bahkan bisa menimbulkan efek ketergantungan bagi seluruh penggunanya.  Bayangkan, apa yang akan kamu lakukan ketika sedang bosan atau sekedar menunggu kerabat tetapi tidak ada aplikasi facebook, instagram, twitter, path, dll di handphone mu?

Sangat tidak nyaman bukan? Apabila kamu merasakan hal yang serupa, itu artinya kamu sudah kecanduan dengan media sosial.

Dan seperti yang kita tahu, media sosial juga memiliki dampak buruk bagi kehidupan sosial seseorang. Salah satunya adalah, media sosial menjadikan kita kurang peduli dengan hal-hal nyata yang justru sedang terjadi disekitar kita. Atau dengan kata lain, media sosial seringkali menjauhkan kita dengan hal-hal yang ada didekat kita.

Nah contohnya adalah “menjauhkan-kamu-dengan-pacar-kamu.”

Yap! Kenapa bisa seperti itu?

Sebelum ada social mediaPenjelasan Kenapa Pasangan Yang Lebih Sedikit Memposting Hubungan Mereka Di Social Media Lebih Bahagia arrow orang-orang memiliki banyak sekali privasi. Namun sekarang dengan adanya hal tersebut, orang-orang menjadi sulit membedakan manakah hal yang seharusnya dapat dibagikan dengan hal yang harusnya tetap menjadi rahasia. Hal tersebut disebabkan oleh sifat alami manusia sendiri yang berkeinginan untuk memamerkan momen-momen yang mereka alami demi mendapatkan pengakuan, penghargaan, ataupun simpati dari orang lain.

Kesalahan mem-posting antara hal privasi atau bukan privasi inilah yang sering menjadi starter dalam adu pendapat pada sebuah hubungan. Karena faktanya, tidak semua orang akan merasa baik-baik saja ketika melihat momen-momen yang dibagikan oleh pasangannya di dunia maya atau dengan kata lain, pasangan kamu itu memiliki masalah dengan PODA (Public Online Displays of Affection).

Apabila kamu merasa bahwa kamu harus selalu membagikan banyak hal ke sosial media yang melibatkan pasangan kamu, mungkin mulai sekarang harus kamu kurangi sedikit-sedikit demi ke-akuran hubungan kamu dengan si pacar. Kamu harus mulai sadar bahwa penting lho bagi kita dan pasangan untuk :

#1 LIVE IN THE HERE AND NOW

6941110-photo-1467730572233-b2d465ec6e89-1475160158-650-0b3071a3a0-1475241871  Penjelasan Kenapa Pasangan Yang Lebih Sedikit Memposting Hubungan Mereka Di Social Media Lebih Bahagia 6941110 photo 1467730572233 b2d465ec6e89 1475160158 650 0b3071a3a0 1475241871

Terkadang sebuah pasangan sangat terpengaruh dengan social media sampai-sampai mereka malah menghabiskan banyak waktu untuk mem-posting apa yang mereka lakukan dan lupa untuk menikmati momen yang mereka lewati secara penuh.

Secara tidak sadar, ketika mereka hang out, mereka malah sibuk untuk meng-update status tentang ada dimana mereka sekarang ketimbang menyimpan handphone-nya dan menikmati quality time yang mereka miliki pada waktu tersebut.

Ketika ada sebuah pasangan yang memilih untuk menjauhkan hubungan mereka dengan social media, hal tersebut akan memberi mereka kesempatan untuk berbagi kepada satu sama lain lebih banyak sehingga tanpa sadar akan menambah erat ikatan.

Dengan memiliki mindset seperti ini, “the couples know they don’t have anything to prove to anyone but to each other.” Dampaknya, mereka cenderung lebih bahagia dan merasa jauh lebih nyaman dengan hubungan yang mereka jalani.­­

#2 SEEK VALIDATION FROM YOUR PARTNER INSTEAD OF THROUGH SOCIAL MEDIA

superdrug-ed  Penjelasan Kenapa Pasangan Yang Lebih Sedikit Memposting Hubungan Mereka Di Social Media Lebih Bahagia superdrug ED

Ada banyak sekali pasangan yang sering mem-posting ke social media tentang keadaan hubungan mereka dan menunjukkan bahwa semua selalu berjalan begitu sempurna. Namun keadaan ini bisa saja berbalik. Ada banyak juga pasangan yang ketika mereka bertengkar, mereka seakan-akan tidak bisa diganggu satu sama lain dan menjadikan social media sebagai cara menyampaikan informasi (sindiran) ke pasangan.

Alhasil adalah, mereka akan saling mem-posting sebuah gambar atau quotes yang mendeskripsikan perilaku pasangan masing-masing. Tanpa disadari, tujuannya bukan hanya untuk menyindir si pacar untuk intropeksi diri, tetapi juga mengajak orang-orang (teman dalam social media masing-masing) untuk setuju dengan gambar atau quotes yang telah di-posting tersebut.

Jelas hal ini memiliki peluang untuk semakin memperburuk keadaan. Siapa juga yang suka ketika melakukan sebuah kesalahan, lalu ditunjukkan didepan orang banyak?

Jika kamu sering melakukan hal ini berhentilah menjadikan hal ini sebagai sebuah kebiasaan. Kamu harus ingat bahwa, “Communication is the key.”

Orang pertama yang harus kamu ajak bicara adalah pasangan kamu sendiri sebelum meminta pendapat orang lain, apalagi dengan cara mem-postingnya di social media.

#3 KEEP OTHERS OUT OF YOUR BUSINESS    

7685976823  Penjelasan Kenapa Pasangan Yang Lebih Sedikit Memposting Hubungan Mereka Di Social Media Lebih Bahagia 7685976823

Seperti yang di poin kedua telah dibahas, ketika seseorang marah dengan pasangannya banyak dari mereka yang cenderung menggunakan status untuk mem-broadcast masalah yang semua orang mesti tahu. Dalam banyak kasus, orang yang mem-posting status tersebut biasanya akan mendapat banyak komen yang sebenarnya irrelevant dengan apa yang sebenarnya terjadi.

Karena pada hakikatnya, yang tahu betul mengenai masalah dalam sebuah hubungan hanyalah dua orang tersebut.

Apabila kebiasaan ini terus berlangsung maka ini akan menjadi gerbang untuk orang lain masuk ke urusan pribadi hubungan kamu.

Semua orang dengan berbagai kepribadian akan masuk kedalam privasi hubungan kamu dan berperilaku layaknya mereka peduli dengan kamu. Selanjutnya, mereka akan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dalam hubungan kamu agar nantinya, bisa saja, mereka hanya ingin mendapatkan suatu hal untuk digosipkan.

“Please keep in mind that a relationship is for two people, and it’s importantPenjelasan Kenapa Pasangan Yang Lebih Sedikit Memposting Hubungan Mereka Di Social Media Lebih Bahagia arrow to keep many things about the relationship private. The good and the bad.”

***

Sebenarnya masih banyak lagi hal lain yang menjadi alasan bahwa pasangan yang lebih sedikit berinteraksi dengan sosial media menyangkut hubungan mereka itu lebih bahagia. Namun Revoluside yakin bahwa setidaknya, ketiga hal tersebut telah mewakili poin-poin lain yang tidak terbahas dalam artikel.

Sebagai penutup, kita harus sadar bahwa “is not always rainbows and butterflies in a relationship”. Dan ketika dua orang memutuskan untuk memulai suatu hubungan, hal itu merupakan hal yang spesial dan juga sakral.

So, saran dari Revoluside :

“Do your best to keep your relationship private. Put your phone away and enjoy the time you have with them.”

About the author

Rizky Zulkarnaen

Speaker, Writer, Engineer

Leave a Comment