Speak

[Mozaik Ramadhan] Tips Jitu Khatam Quran dalam Satu Bulan

revoluside-ramadhan  [Mozaik Ramadhan] Tips Jitu Khatam Quran dalam Satu Bulan revoluside ramadhan

(Image for: Mozaik Ramadhan)

Halo Thinkers!

Sebelumnya, Revoluside mau ngucapin selamat menunaikan ibadah puasa dulu nih bagi seluruh umat muslim, khususnya muslim di tanah air. Semoga di bulan yang baik ini kita diberikan pahala yang berlimpah. Amin!

Nah, menyambut bulan penuh berkah ini, Revoluside menghadirkan rubrik spesial : Mozaik Ramadhan. Rubrik spesial yang akan share ke kamu tentang tips kecil-kecilan dan sedikit pengetahuan soal warna-warni indahnya bulan Ramadhan.

Selain itu, yang juga membuat rubrik ini makin spesial adalah, rubrik ini merupakan rubrik perdana dengan artikel yang berisi tanya jawab langsung bareng salah satu kontributor Revoluside, yaitu Kak Yandi Zar Ersima Sembiring.

Gimana? Udah penasaran belom sama penjelasan-penjelasan sederhananya kak Yandi perihal puasa Ramadhan?

Langsung aja yuk tanya Kak Yandi nya!

——-Anon : 

“Kak Yandi, gimana sih cara mudah biar kita bisa khatam Quran selama Ramadhan?” 

——-Jawaban :

Alhamdulillah, sekarang tepatnya ditanggal 18 juni 2015 kita sudah memasuki bulan Ramdahan.

Bulan yang penuh berkah, bulan yang dimana jika kita membaca satu huruf dari Al-quran, akan di-lipat-ganda-kan pahala kita, bahkan sampai 10 kali lipat!

Sebelum ngejawab pertanyaan diatas, terlebih dahulu coba kamu bayangin.

Seandainya kita membaca satu juz Al-quran dalam sehari, berapa banyak kebaikan yang akan kita dapatkan? Apalagi jika kita konsisten dan akhirnya dapat mengkhatamkan? Dapatkah kita menghitung pahala yang didapat? Subhannallah, jumlah pahala yang luar biasa besar bukan?

Bayangin lagi kalo kita sanggup membacanya hingga tiga kali mengkhatamkan dalam sebulan? Ribuan pahala akan kita dapat kelak, dan selanjutnya pahala tersebut pun akan terus di-lipat-ganda-kan.

Bak menanam pohon, satu biji yang ditanam akan berubah menjadi satu batang besar yang kokoh. Satu batang itu akan memiliki puluhan dahan. Setiap dahan yang tumbuh akan munculkan ranting, dan di ranting tersebut akhirnya tumbuh banyak daun.

Hitunglah jumlah daun tersebut. Itulah pahala yang kiranya kita dapatkan dari satu kebaikan kecil di bulan Ramadhan.

Banyak banget gak sih?

Sangat banyak.

Namun, banyak juga yang kurang menyadari, atau bahkan sadar namun tak peduli, bahwa sebenarnya sebesar itulah nikmat nyata yang diberikan Allah pada kita dibulan penuh berkah ini. Jadi sia-sia sekali kalau kita meninggalkannya.

Disisi lain, gak dapat dipungkirin juga kalo timbul segelintir hambatan.

Hambatan seperti kesibukan, sulitnya membagi waktu, bahkan baru sebentar Q-time bareng Quran, udah pusing duluan bahkan ngantuk, seakan menyulitkan kita merealisasikan hal diatas. Apakah hambatan-hambatan tersebut memang menjadi penghalang kita, atau cuma sekedar excuse? Jika memang hal diatas menjadi penghambat, bagaimana solusinya?

Oke mari kita bahas satu-satu.

Buat kamu yang ngerasa gabisa ngebagi waktu, khusunya buat para orang-orang sibuk diluar sana, ada beberapa hal yang perlu kita perhatiin dan lakuin. Apa itu?

Kita mesti inget dan tanemin dalam hati, bahwasanya dalam membaca Al-quran jangan sampe kita cuman nunggu waktu kosong yang ngehampirin kita baru kita baca Al-quran, tapi luangkanlah waktu kita untuk baca Al-quran.

Inget-inget lagi tujuan kita di dunia ini untuk apa.

Untuk kita baca satu juz tuh sebenernya gak lama ko. Kita cukup luangin waktu 1 JAM dan wualaaa satu juz pun terselesaikan. InsyaAllah.

Naah kalau yang masih ngerasa kesulitan, nyicil juga bisa kok. Bisa banget malah.

Kalau mau dihitung dengan cara sehabis sholat kita membaca Al-quran (dengan rata-rata dalam satu juz itu ada 20 halaman/10 lembar), untuk membaca 2 halaman kita butuh waktu 5-7 menit. Naah tiap sehabis sholat kalau target membaca Al-qurannya satu juz per hari, maka setiap habis sholat kita tinggal baca 4 halaman yang hanya ngebutuhin waktu 10-14 menit aja, setara-lah dengan kita mantengin hp buat liat sosmed-sosmed yang notifnya gak ketolongan.

Tinggal kalikan deh 4 halaman tersebut dengan 5 waktu solat wajib dalam satu hari. Satu Juz pun mudah untuk dilewati.

Begitu seterusnya kalau mau 2 juz yaa setiap habis sholat 8 halaman (4 lembar), waktu yang kepake cuman 20 menitan kok serius.

Tapi tetep, kembali ke niatnya yaa harus karena Allah SWT. Dan sebenenya banyak cara-cara lain buat memanage waktu kita biar kerjaan jalan, tilawah jalan. Kaya misalnya subuhnya 1 juz baru sisanya dicicil, semua sebenernya tergantung kediri kitanya mau memanfaatkan bulan yang sangat mulia ini atau tidak.

Selanjutnya, buat kamu yang tiap baca ujung-ujungnya malah kebawa ngantuk, pusing dan bosen, mending kalian coba untuk tilawahnya bertahap dulu aja. Mulai dari sehari satu 2 lembar atau 4 halaman.

Naah dibiasain deh tuh sampe seminggu nanti kalau udah ngerasain baca satu juz InsyaAllah berasa nikmat euy. Pas satu juz itu selesai, coba bertahap lagi tambahin kuantintas bacaannya.

Ga perlu khawatir akan kualitas bacaan atau bagus nggaknya bacaan kita. InsyaAllah, walaupun bacaan kita ga terlalu lancar tetep dapet pahala kok dari Allah.

Intinya kita harus mau untuk disiplin. Selanjutnya kita juga harus bisa bertahan saat mencoba disiplin. Setelah lewatin dua tahap itu, kita akan sadar kalo dispilin itu kayak otot. Semakin dilatih, maka akan semakin kuat.

Terakhir, sekali lagi mau diingetin nih. Dalam membaca Al-quran kita harus dan wajib niatkan hanya karena Allah SWT dan hanya mengharapkan Ridho-Nya yaaa!

Karena semua bakal sia sia aja kalau kita udah baca Al-quran sampe 10 kali khatam tapi bukan karena Allah SWT.

 

Sekian,

Yandi Zar Ersima Sembiring

***

Gimana? Udah cukup puas dengan jawabannya? Kalo masih ada yang mau ditanyain komen aja langsung dibawah!

Selanjutnya, buat kamu yang punya pertanyaan baru seputar bulan Ramadhan, bisa langsung ask ke :

——-Twitter       : @Revoluside

——-Facebook  : Revoluside

About the author

Rizky Zulkarnaen

Speaker, Writer, Engineer

Leave a Comment