Youthack

5 Langkah Buat Anak Teknik Untuk Memulai Bisnis Besar

Udah lama banget nih revoluside ga nge post, authornya lagi sibuk kuliah semua sih ahaha tapi kali ini revo nyempetin nulis lagi. Jadi gini lo pernah kepikiran ga kalo lo masuk jurusan teknik lo bakalan kerja jadi apa? Yap Insinyur atau ahli teknik di perusahaan! semua orang yang masuk dunia teknik di masa perkuliahan pasti punya cita-cita besar untuk jadi insinyur nantinya. Nah yang dipertanyain disini gimana kalo anak teknik mau jadi pengusaha ? tanpa basic pengetahuan bisnis ataupun manajemen? menurut lo sendiri mungkin ga?. Jawabannya sangat mungkin dan pasti bisa.

Berdasarkan riset tim revo banyak pebisnis besar yang justru kuliah nya di teknik sebagai bekal buat mereka jadi pengusaha, nih beberapa contohnya

Aburizal Bakrie (Lulusan Teknik Elektro ITB/ Bakrie Corp)

bakrie  5 Langkah Buat Anak Teknik Untuk Memulai Bisnis Besar bakrie

Walaupun Bakrie.corp adalah bisnis keluarga tapi Aburizal Bakrie membuktikan Bakrie menjadi semakin besar di tangannya

Arifin Panigoro (Lulusan Teknik Elektro ITB/ Pemilik Medco Energy)

1848076  5 Langkah Buat Anak Teknik Untuk Memulai Bisnis Besar 1848076

Arifin Panigoro mengawali karir sebagai tukang servis AC di pertamina Cirebon

Loh padahal anak teknik kuliahnya ga diajarin jualan-jualan atau hal yang berkaitan dengan bisnis sama sekali, terus kenapa? Nahh jadi sebenernya tuh ginii. Kemaren revo baru aja ikut-ikut macem seminar kewirausahan yang kebetulan diadain sama alumni ITB. disitu dikupas abis seluk beluk berwirausaha.

Background

bokap lo adalah pengusaha udang kawakan  5 Langkah Buat Anak Teknik Untuk Memulai Bisnis Besar 20120902dsc01297

bokap lo adalah pengusaha udang kawakan

Ini bagian terpenting dalam wirausaha, atau bahasa kerennya history!. logika nya gini misal analisis kondisi lo sekarang adalah anak kuliahan jurusan teknik mesin di suatu institusi/universitas terus revo sebagai investor nyuruh lo buat ngejual sendal gunung 2 kontainer dalam waktu seminggu, kira-kira lo sanggup ga? Ga mungkin. kenapa ga mungkin? ya pertama lo gatau barang itu bakal lo jual kemana, kedua apakah lo bakalan nikmatin keliling-keliling kota buat jualan sendal? passion itu kaitannya sama daya juang ,ketika niat lo udah bulet dan emang lo punya passion disitu pasti daya juang lo bakalan tinggi, tapi apa bakalan berhasil? ya tetep aja ngga. terakhir lo gatau seluk beluk dunia persendal-gunungan, ini juga penting banget. intinya lo gapunya history disini, beda cerita nya kalo lo punya history.

Apa hubungannya sama Background/History?

Ambil contoh kasus yang tadi. Misal ternyata bokap lo adalah pengusaha alat-alat gunung, bakalan kejual ga tuh sendal gunung dua kontainer? Yes, for sure! bokap lo pastinya tau seluk beluk dunia per sendal gunungan dan bakal nunjukin lo ke arah jalan yang benar. Segitu pentingnya History. Hal pertama yang harus lo punya dalam bisnis  let’s say “Judul” apa judul bisnis lo? usaha sembako kah? usaha kuliner kah? usaha suku cadang otomotif kah? nah dalam menentukan judul ini gabisa asal gitu aja. lo harus punya yang namanya history itu tadi, judul usaha  haruslah sama atau berkaitan erat dengan history yang lo punya.

  1. Background Keluarga  : Simple banget, misal keluarga lo adalah keluarga pebisnis mobil tentunya lo dari kecil pasti udah mainan mobil, ketemu sama rekan-rekan bisnis bokap lo yang ga jarang ngomongin bisnis di rumah lo, hal-hal kecil kayak gini yang bikin fondasi lo kuat ditambah bokap lo udah punya jaringan yang luas dan berpengalaman. Jadi kalo lo lulus kuliah dan nentuin buat bikin usaha yang sama kayak usaha keluarga lo ,tentunya lo bakalan lebih cepet masuk dan terjun ke dalam dunia bisnis itu sendiri, gitu.
  2. Pekerjaan : Misal gini, lo lulusan teknik elektro. trus lo kerja jadi teknisi per AC an di suatu perusahaan. Kira-kira peluang lo buat berbisnis di bidang AC besar ga? Besar banget, salah satu kunci yang di pegang sama anak teknik yang jadi pengusaha adalah membuat usaha yang ga jauh-jauh dari bidang dia. Karena dengan lo ahli di suatu bidang itu artinya lo mengerti seluk beluk nya , tinggal bagaimana membuat marketingnya agar bisnis lo bisa jalan. Ya simple nya gitu.
  3. Hobi : Hobi artinya lo punya ketertarikan besar dalam suatu hal, dan orang yang hobi di suatu bidang pasti bakalan mendalami bidangnya sejauh mungkin. Nah ini bisa jadi salah satu modal yang bagus di sisi lain karena ini adalah hobi lo, pasti lo bakalan menjalani bisnis lo dengan enjoy tanpa pikir banyak dengan kerugian-kerugian yang bakalan di hadapin di dalem bisnis lo itu.
  4. No History : Karena bener-bener mulainya dari nol bahkan bidang yang mau dibisnisin alias judul aja gapunya, jadi yang harus lo lakuin adalah mencari judul, bisa dengan kursus-kursus kilat atau coba-coba bisnis dulu. dengan tujuan cuma satu yaitu nyari “Judul” itu tadi. Nah dari narasumber yang udah cerita panjang lebar bisa revo tarik kesimpulan ,proses ini tuh berlangsung selama 1-2 tahun. dengan waktu selama itu lo baru bisa tentuin apa bisnis yang mau lo jalanin.

Market – Networking

marketing-plan  5 Langkah Buat Anak Teknik Untuk Memulai Bisnis Besar marketing plan

Bagian ini bisa dibilang adalah bagian paling susah sekaligus paling vital. Dan perlu diingetin “Ga Ada Jalan Pintas” . Merangkai market mulai dari nol, revo ilustrasiin kayak gini. Misal lo buka usaha alat pancing di daerah Jakarta. pertama bagi area-area di Jakarta jadi beberapa area besar ,nah disitu lo bikin timeline lo selama 1 tahun dengan detail di setiap hari nya, bikin target yang jelas ,misal bulan satu hari ke satu lo harus nawarin alat pancing ke toko A, B, C, D, dan E di Area A. nah sementara di Area A ini ada sekitar 100 toko yang menjual alat pancing, ga cuma itu di Jakarta itu sendiri kebagi oleh 10 Area besar yang udah lo petain sebelumnya. Kebayang bakalan berapa lama waktu yang lo abisin buat nawarin alat pancing ke semua toko yang ada di Jakarta? LAMA BANGET EMANG, dan GA ADA JALAN PINTAS. merangkai marketing biasanya baru selesai setelah 2-3 tahun, dan dari cerita narasumber doi merangkai marketing selama 2 tahun dengan keuntungan Rp 0,- . Dengan usaha keras yang udah dilakuin 2 tahun penuh tanpa bayaran apa-apa. disinilah daya juang lo terlihat pengusaha banyak yang gugur di fase ini.

Improvisasi

Setelah melewati fase merangkai marketing tadi, bakalan ada dua kemungkinan, produk lo gak laku atau produk lo langsung laris manis. Nah disinilah otak teknik lo harusnya dipake, kumpulin masalah-masalah yang ada, apa aja kekurangannya bahasa kerennya fish bone atau SWOT (Strength ,Weakness, Oppurtinity, Threat) carilah solusi yang seefektif mungkin dan lakukan improvisasi di dalem produk yang lo punya. Karena lo udah nguasain banget bidang yang lo bisnisin seharusnya fase ini bisa jadi titik balik kebangkitan lo buat langsung mendominasi pasar!.

Inovasi

Ga cuma improvisasi, inovasi juga wajib hukumnya. terus mengikuti perkembangan zaman memperbaiki lagi sistem bisnis yang lo punya. Inovasi ini bisa dalam banyak hal bisa dari segi promosi, produk dan banyak lagi, dalam hal berinovasi lo bisa belajar dari banyak pengusaha sukses dan nerapin apa aja yang mereka lakuin di dalem usaha mereka, lain kali revo bakalan bahas tentang ini , ya intinya itu berinovasi itu penting.

Growth

Pertumbuhan bisnis lo harus dijaga ,jangan pernah puas dengan bisnis lo yang sekarang, selalu berpikir untuk terus mengembangkan dan melebarkan sayap, terus bergerak maju apapun masalah yang dihadapi. Disinilah lo memasuki dunia bisnis yang sebenarnya! Welcome to The Jungle ! haha

Nah jadi cuma itu sedikit cerita yang bisa revo bagi setelah berbagai seminar kewirausahan yang revo datengin. Yha semoga anak-anak teknik makin bersemangat untuk memulai bisnis di usia muda. Bangsa yang maju adalah bangsa yang mayoritas penduduknya adalah pengusaha, secara logika suatu bisnis tentu akan menaikan perekonomian suatu negara! revoluside itu juga bisnis loh, jadi revo juga sedang berbisnis sebenarnya sekarang haha see you!

 

About the author

Usman Faiz

An adventurer, musician, engineer, and writer. Now study at Institut Teknologi Bandung.

Leave a Comment