News

Keseruan Open House SMP Tunas Unggul Bandung

Open House kerapkali dijadikan kegiatan rutin tahunan di sekolah-sekolah. Kegiatan yang turut melibatkan masyarakat di luar sekolah ini menjadikan Open House digunakan sebagai ajang unjuk diri. Pun dengan SMP Global Interaktif Tunas Unggul Bandung. SMP yang berada di Jalan Pasir Impun, Kota Bandung ini telah sukses menyelenggarakan Open House kelimanya pada hari Jumat s.d Minggu, 3 s.d. 5 Februari 2017 kemarin.

Mengusung tema “Be Creative!”, Open House SMP Tunas Unggul tahun ini terasa lebih segar dan menarik juga berbeda dengan kegiatan-kegiatan Open House pada umumnya.

Ada apa saja sih di Open House SMP Tunas Unggul 2017?

Keseruan Open House SMP Tunas Unggul Bandung Open house TU copy

Kegiatan ini mengharuskan para siswa kelas 8 SMP Tunas Unggul membuat produk makanan tradisional yang diintegrasikan dengan mata pelajaran. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, salah satu kelompok membuat getuk dengan bentuk bangun ruang limas. “Mereka melakukan pengukuran terlebih dahulu seperti mengukur volume, tinggi, dsb. Sehingga ukuran getuk yang dihasilkan pun seragam” jelas Adam, ketua panitia Open House. Konsep matematika dikonversikan ke dalam makanan, wuih inovatif sekali ya…

Selain itu, untuk memasarkan produknya, para siswa telah membuat video mengenai cara pembuatannya kemudian menayangkannya kepada orang tua siswa. Ini juga menunjukan bahwa bahan makanan yang digunakan tidak mengandung unsur-unsur yang berbahaya bagi kesehatan. Keren kan?

Keseruan Open House SMP Tunas Unggul Bandung Open house TU1 copy

Bentuk kegiatan yang satu ini dilaksanakan oleh para siswa kelas 7 SMP Tunas Unggul. Mereka dilatih untuk mempresentasikan suatu produk dari mulai proses produksi, konsumsi, hingga distribusi. Nah yang menariknya, mereka menggabungkan konsep-konsep antar mata pelajaran di dalamnya. Seperti pada kelas produksi yang menggabungkan konsep science dan sport dengan menghasilkan produk berupa cone untuk berolahraga. Kemudian pada pendistribusiannya mereka menggabungkan konsep humanities (ilmu sosial) dan bahasa yang diaplikasikan ke dalam sebuah video marketing. Kemudian untuk kelas konsumsi menggunakan konsep art.

Keseruan Open House SMP Tunas Unggul Bandung IMG20170204114832

Dewa Adi Cahyo, siswa kelas VIII memamerkan hasil karyanya dari kardus bekas pada saat open class

Keseruan Open House SMP Tunas Unggul Bandung Untitled 1

Kegiatan ini bekerja sama dengan bimbingan belajar Tridaya sebagai bentuk simulasi Ujian Nasional tingkat SD. Try out ini diikuti oleh lebih dari 200 peserta yang  mencakup siswa-siswi kelas VI se-Bandung Timur. Kegiatan ini dibarengi kegiatan open class sehingga setelah selesai mengerjakan soal ujian, para peserta langsung mengikuti kegiatan open class. Para peserta pun terlihat antusias, “Tadi ngerjain soalnya susah-susah gampang. Tapi aku seneng ikut try out di sini. Aku bisa lihat kreasi anak-anaknya yang pada kreatif tadi di pameran. Terus tadi juga dikasih tahu cara pembuatan cone buat olahraga. Seru!” ujar Adinda, peserta try out dari SD Lokajaya 2.

Peraih tiga skor tertinggi diumumkan langsung pada hari itu.

Keseruan Open House SMP Tunas Unggul Bandung IMG20170204130124

ketiga peserta tryout dengan skor tertinggi bersama Direktur Sekolah (kerudung abu-abu) dan para guru SMP Tunas Unggul

Peraih skor tertinggi ketiga diraih oleh Ganenda Gusti, kedua diraih oleh Beby, dan yang pertama diraih oleh Raditya Wirendra. Ketiganya merupakan siswa SD Al-Irsyad.

Keseruan Open House SMP Tunas Unggul Bandung Open house TU5 copy

Gerakan Penggalang Satuan Pramuka (GRAPSAKA) dan Lomba Ketangkasan Pramuka menutup rangkaian kegiatan Open House SMP Tunas Unggul 2017. Kegiatan ini merupakan kegiatan kepramukaan perdana yang diselenggarakan oleh SMP Tunas Unggul.  “Karena gudep (gugusdepan) nya pun baru diresmikan tahun 2016. Sebenarnya, misi kami ingin mengenalkan lebih luas tentang kepramukaan sehingga dapat memotivasi siswa Tunas Unggul itu sendiri. Jadi kami adakan bentuk perlombaan pramuka ini” jelas Ayip Syaepul, pembina pramuka SMP Tunas Unggul.

Terdapat 27 regu yang menjadi peserta lomba. Mereka terdiri dari para penggalang kelas VI se-Bandung Timur. Kegiatan ini diawali dengan upacara pembukaan yang langsung diikuti dengan kegiatan hiking ke desa-desa di kelurahan Pasir Impun. Setiap regu harus melewati enam pos diantaranya; pos keagamaan, pos kepramukaan, pos kesehatan, pos pengetahuan umum,  dan pos ketangkasan. Rute yang dilalui cukup sulit namun pemandangan alam yang indah membuat para peserta tetap bersemangat.

Selain itu, yang menjadi menarik dari lomba kepramukaan yang diadakan SMP Tunas Unggul ini adalah lomba joget komando, “Capek tapi seru! Yang paling beda ada lomba joget komando. Selama ikut lomba pramuka belum pernah sekalipun ngerasain joget komando” ujar M. Alif dari regu Harimau SDN Sindanglaya 6.

Keseruan Open House SMP Tunas Unggul Bandung Open house TU3

para peserta menampilkan Joget Komando

Di penghujung acara ditutup dengan pengumuman juara lomba. Diantaranya, Juara 1, 2, 3 untuk regu putra; Juara 1, 2, 3 untuk regu putri; Juara Favorit; dan Juara Umum. Juara Umum diraih oleh SDN Cikadut 1 Kota Bandung.

Keseruan Open House SMP Tunas Unggul Bandung 1486727126330

para juara Lomba Ketangkasan Pramuka Open House SMP Tunas Unggul 2017

Pak Dodin, pembina pramuka SDN Andir Kidul mengungkapan apresiasinya terhadap kegiatan ini, “Saya acungkan jempol! Baru berusia seumur jagung tapi sangat berani meskipun minim peserta. Saya sangat mengapresiasi keberanian para pembina dan penggalangnya untuk mengadakan lomba pramuka ini” ujarnya. Ia pun menaruh harap, “Saya berharap kedepannya Tunas Unggul bisa melaksanakan lomba Pramuka se-kota Bandung” pungkasnya.


Nah, itulah keseruan-keseruan yang ada di Open House SMP Global Interaktif Tunas Unggul 2017. Keren dan seru kan?!

Kegiatan ini sukses terlaksana berkat sinergi yang dibangun antarunsur yang ada di sekolah, tak terlepas para anggota OSIS SMP Tunas Unggul,

“Semoga panitia kelas VII sebagai penerus bisa berpengalaman untuk mengadakan event yang lebih besar kedepannya. Semoga juga dengan adanya acara ini banyak yang berminat masuk ke Tunas Unggul dan sekolah kami mendapat perhatian dari masyarakat dan pemerintah”

Wildan Firmansyah, Ketua OSIS SMP Tunas Unggul berharap.

About the author

ojustinee

Sedang mengambil peminatan BIPA di bangku kuliah. Bercita-cita menjadi ibu guru gaul yang galak, punya body macem Gigi Hadid, dan suami serupa Andrew Garfield. Cheers!

Leave a Comment