Speak

Kegagalan, Apakah Aku Mengenalnya?

FAILED_1 kegagalan, apakah aku mengenalnya? Kegagalan, Apakah Aku Mengenalnya? FAILED 1
“It’s only after we’ve lost everything that we’re free to do anything.”
– Brad Pitt (Fight Club, 1999)
Kegagalan.
Adalah sahabat bagi mereka yang tak mengenal kata menyerah dan selalu mencoba mengubah ketidakmungkinan.
Saat ini semua orang berusaha untuk merealisasikan apa yang sebenarnya agak sulit terealisasi, namun disinilah proses pembelajaran sejati akan kita temui.
Tidak jarang dijumpai, ilmuan-ilmuan ternama melakukan puluhan bahkan ratusan kali eksperimen untuk mencapai titik temu, untuk mengukuhkan nama mereka sebagai pencetak rekor di dalam kehidupan mereka sendiri dan orang lain.
 –
Tentu kita sering sekali berpikir, “Apa kunci dari sebuah keberhasilan? Apa yang salah disaat kita berusaha menyikapi itu semua? Dan benarkah itu bisa digolongkan sebagai kesalahan atau sebuah halangan?”
Jawabannya tentu saja iya. Mengapa demikian?
Coba kita pikirkan, apalah arti sebuah target jika kamu hanya memikirkan keberhasilannya saja? Bukankah setiap orang ingin berhasil?
Sayangnya, semua orang terlalu fokus dengan keinginan, sehingga banyak melupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan dalam mencapai target tersebut.
 –
Ibaratnya, jika kamu ingin menjadi penyair ternama, dan kamu hanya fokus pada target yaitu meraih titel sebagai penyair ternama. Adakah kamu sadar apa yang baru saja kamu lupakan? Begitu kecil sekali hal yg terlupakan. Kamu harus menyediakan pena dan sehelai kertas kosong untuk menuangkan ide brilian yang ada di dalam kepalamu.
Fatal bukan?
Begitulah pola pikir manusia di masa sekarang ini, semua terlalu fokus terhadap tujuan, sehingga melupakan proses apa saja yang akan dan harus dilewati.
 –
Mengapa banyak sekali orang gagal lalu mereka menyerah, mundur ibarat pecundang?
Jawabannya jelas. Mereka tidak berpengan erat pada pedoman disaat  mencoba menggapai ekspetasi mereka.
 –
Apa kunci orang sukses?
Kamu hanya butuh sebuah rancangan, yang kemudian kamu tuangkan dalam ekspetasi, kemudian kamu coba untuk merealisasikan dengan tetap mengacu pada rancangan yang telah kamu patenkan, lalu  imbangilah usaha dengan doamu.
– 
Apa makna orang sukses?
Orang sukses adalah mereka yang mampu menyikapi dan memposisikan diri dimana mereka berada.
Orang sukses adalah mereka yang mampu dengan cermat mengamati kegagalan mereka, lalu kembali mencoba.
 –
Dan..
Orang sukses adalah mereka yang mampu memandang baik sisi kegagalan mereka, lalu mempelajarinya untuk kemudian mengambil tindakan dan berusaha merealisasikan. Ini terus berulang hingga mereka tak menemukan lagi kata gagal.
 –
Mau menyerah?
Itu pilihan.
Mau sukses?
Itu bukan target, tapi sebuah perjalanan dan proses kehidupan.
 –
 —
 –
 –
 –
 –

About the author

Rizky Zulkarnaen

Speaker, Writer, Engineer

Leave a Comment