Speak

Sudah Siapkah Kamu Menghadapi MEA?

Mea Revoluside  Sudah Siapkah Kamu Menghadapi MEA? Mea Revoluside

(Image for: AEC)

MEA, Sebuah Tantangan yang Mau Tak Mau Akan Kita Hadapi.

Kira-kira, udah lebih dari satu dekade yang lalu, para pejabat di Asia Tengara menyepakati sebuah kerjasama dan baru mulai banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Ada yang nyimak, tapi ada juga yang nganggep sekedar angin lalu. Kamu pasti udah pernah ngedenger yang namanya MEA. Yang Revoluside maksud jelas bukan si Mea anak Pak RT yang bodynya semlohai itu, tapi sebuah kebijakan yang bakal diterapin akhir tahun 2015 ini, yaitu Masyarakat Ekonomi ASEAN.

MEA atau Masayarakat Ekonomi ASEAN adalah sebuah sistem pasar bebas yang meniadakan bea masuk dari perdagangan barang, jasa, modal, dan inventasi ke semua negara anggota MEA yang antara lain adalah Singapura, Malaysia, Kamboja, Thailand, Myanmar, Laos, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam dan tentunya negara kita tercinta Indonesia.

Kerjasama ini secara nyata akan ngebuat penduduknya bebas untuk menjual daganganya, milih lokasi pendirian pabrik dan kantor, dan juga milih lokasi pekerjaan ke semua negara-negara tadi.

Di realisasinya akhir tahun nanti, MEA bakal menerapkan 12 sektor prioritas yang disebut free flow of skilled labor atau arus bebas tenaga terampil buat perawatan kesehatan, jasa logistik, e-ASEAN, jasa angkutan udara, produk berbasis agro, barang-barang elektronik, perikanan, produk berbasis karet, tekstil dan pakaian, otomotif, dan produk berbasis
kayu.

Pengaruhnya?

Tujuan kamu yang sekarang lagi kuliah ataupun yang masih sekolah itu apa sih?

Pasti hampir semua tujuannya adalah cari kerja. Dan ini yang menjadi masalah, atau lebih tepatnya tantangan yang kamu harus hadapi. Semua pekerja dan bahkan calon pekerja akan bersaing dengan seluruh penduduk ASEAN dalam berebut lapangan pekerjaan terutama di 12 sektor yang udah dijelasin di atas.

Buat kamu yang merasa ngambil jurusan atau punya kemampuan yang termasuk ke dalam sektor prioritas arus bebas tenaga terampil MEA, maka udah merupakan hal yang wajib dalam mempersiapkan diri karena perusahaan yang ngebuka lapangan pekerjaan hanya akan menerima tenaga kerja yang punya skill mumpuni dan telah diakui.

Bagaimana cara kita mempersiapkan diri?

Setelah tau seluk beluk MEA, maka hal yang mesti diketauhi selanjutnya tentu adalah gimana cara menghadapinya. Tenang kamu gak akan berjuang sendiri. Negara kita tercinta lewat Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi serta Lembaga Sertifikasi Profesi juga akan turut ambil bagian dalam mempersiapkan pelatihan tenaga kerja serta sertifikasi profesi agar kemampuan kamu diakui oleh negara.

Oke! Pemerintah udah ambil bagian dalam sesi persiapan ini. Sekarang, ini dia tips kecil-kecilan agar kamu mampu bersaing nantinya di MEA.

1. Asah kemampuan komunikasi dan kerjasama

softskill revoluside  Sudah Siapkah Kamu Menghadapi MEA? softskill revoluside

(Image for: Softskill)

Memiliki kemampuan komunikasi secara aktif dalam bahasa asing adalah hal yang wajib kalau kamu mau bersaing di level internasional. Minimal kamu udah kuasai bahas inggris dengan lancar. Bakal lebih top lagi kalau kamu bahkan bisa bahasa lain macam mandarin atau sebagainya.

Selain itu belajar untuk bisa bekerja sama dengan berbagai macam tipe orang. Karena dengan gitu kita akan lebih mudah untuk beradaptasi di lingkungan manapun.

2. Profesional di bidang yang kamu tekuni

professional revoluside  Sudah Siapkah Kamu Menghadapi MEA? professional revoluside

(Image for: Professional)

Udah bukan saatnya kamu kuliah cuma sekedar cari gelar dan ngerjain tugas asal jadi. Di MEA, saingan kita bukan lagi di level temen satu fakultas, tapi seluruh tenaga kerja di asean. Kalau kemampuan yang kamu punya cuma sekedar banggain titel, jangan harap kamu bakal dapat tempat di persaingan nanti.

Apapun jurusan dan kemampuan yang kamu tekuni sekarang, jadilah yang terbaik di sana. Gali ilmu sebanyak banyaknya selagi kamu sempat dan jangan mau kalah dari lulusan negara asean lain.

3. Buka bisnis kamu sendiri

bisnis revoluside  Sudah Siapkah Kamu Menghadapi MEA? bisnis revoluside

(Image for: Business)

Ini solusi alternatif buat kamu yang emang ga mau kerja konvensional. Dengan kamu buka bisnis kamu sendiri, maka kamu bakal nyiptain peluang kamu sendiri dengan cara yang sebebas-bebasnya. Seperti yang tim Rev bilang di atas, MEA ga cuma memudahkan arus tenaga kerja, tapi juga ekspor impor barang dan jasa antar negara asean. Tantangannya tinggal sebesar apa kreatifitas kamu dalam ngembangin bisinis kamu nanti.

Maka dari itu mulai cari deh pengalaman wirausaha kamu dari sekarang dan jangan takut gagal karena itu bakal jadi bekal kamu nanti dalam ngebangun bisnis kamu.

***

Jadi mulai sekarang, coba tanya ke diri kamu sendiri. Sudah siapkah kamu menghadapi MEA?

About the author

Anggi T Nugraha

Passion and smile addict

Leave a Comment