Leisure

Band Indonesia Yang Layak Dibanggakan!

Emangnya ada ya, band Indonesia yang layak dibanggain?

Kalo mau dibandingin dengan kualitas band musik internasional, agak prihatin juga sih ngeliat perkembangan band musik tanah air.

Nggak, bukan gitu! Revoluside gak bilang kalo band-band di Indonesia itu kualitasnya jelek. Cuma yaa gitu. Ada banyak yang.. Yaa kamu ngertilah gimana kondisinya.

Tapi nih, dibalik keprihatinan tersebut, diartikel ini Revolusidere mau kasih tau ke kamu kalo ternyata masih ada kok, beberapa band Indonesia yang layak banget untuk kamu banggain.

Yap. Selain memiliki segudang prestasi, ada beberapa band-band Indonesia yang ternyata mampu untuk unjuk gigi dengan tampil di berbagai festival musik dunia!

Gak tanggung-tanggung, festival musik yang dijadiin tempat mereka tampil adalah festival musik yang bener-bener berkelas. Contohnya aja kayak Glastonbury FestivalBloodstock Open AirHardrock Calling, dsb.

Festival yang rata-rata berpusat di London UK, dan USA ini bisa dibilang menjadi mimpi besar dari semua band di dunia untuk bisa tampil. Iya, kalo kamu gak percaya tonton aja nih beberapa video di bawah untuk liat seberapa kerennya festival-festival tersebut.

Glastonbury 2013 – BBC Highlights

Hard Rock Calling Highlights – LiveNationUK

Gimana? Keren abis kan? Band-band yang tampil di festival tersebut pun gak main-main kualitasnya!

Sekarang bayangin coba kalo band Indonesia manggung di Festival Musik itu? Bisa emang?

Jawabannya, BISA!

Here they are! Ini dia daftar 3 Band Indonesia yang sempet konser di festival musik dunia sehingga eksistensinya layak kita banggakan.

Gugun Blues Shelter

GugunBluesShelter  Band Indonesia Yang Layak Dibanggakan! wpid unnamed 1 jpg1

(Image for: Gugun Blues Shelter)

Band bergenre blues rock yang beranggotakan Gugun (vokal dan gitar), Jono (bass), dan Bowie (drum) ini emang luar biasa top!

Mereka berhasil tampil di salah satu festival musik terbesar di Inggris bareng musisi kelas dunia Bon Jovi, The Killers, Rod Stewart, Stevie Nicks dan banyak lagi di Hard Rock Calling 2011.

Nah, ternyata usaha GBS (Gugun Blues Shelter) untuk nyampe situ gak gampang.

Mereka berkompetisi di Hard Rock Jakarta dan berhasil mengalahkan The Changcuters, Pee Wee Gaskins, Saint Loco dan band papan atas lainnya untuk wakilin Indonesia di tahap selanjutnya. Diluar kandang, lagi-lagi mereka sanggup menyingkirkan 68 Band terbaik di dunia untuk dapetin satu tiket buat tampil di Hard Rock Calling 2011!

Kurang keren apa coba?

Mending langsung kamu tonton aja deh aksi Gugun Blues Shelter dibawah ini biar nambah yakin, kalo band super ini emang patut buat dibanggain!

Gugun Blues Shelter – Set My Soul On Fire

Ga cuma itu, dikabarkan juga kalo baru-baru ini GBS udah gabung dengan Grooveyard Record, sebuah label kumpulan dari gitaris top dunia yang bermarkas di USA.

Album mereka juga rilis di sana dan hanya dipasarkan di benua Eropa dan Amerika.

Burgerkill

wpid-unnamed-7.jpg.jpeg  Band Indonesia Yang Layak Dibanggakan! wpid unnamed 7 jpg1

 

(Image for: Burgerkill)

Satu kalimat buat Burgerkill.

Band metal asal Bandung ini bener-bener keren!

Secara fenomenal mereka berhasil menangin penghargaan dari Metal Hammer Golden Gods Awards untuk kategori Metal As F*ck.

Metal Hammer Award adalah ajang penghargaan untuk musisi metal kelas dunia yang diadain oleh majalah musik kenamaan “Metal Hammer” di UK, yang bertempat di O2 Arena, London.

Slipknot bahkan pernah menyabet penghargaan ini sebanyak empat kali.

wpid-unnamed-14.jpg.jpeg  Band Indonesia Yang Layak Dibanggakan! wpid unnamed 14 jpg

 

(Burgerkill, Metal Hammer Golden Gods Awards)

Hebatnya lagi, buat dapet award ini mereka udah ngalahin band-band metal dari penjuru dunia macem Jason Newsted, Pussy Riot, dan Sea Shepperd.

Penasaran sama gimana kerennya Burgerkill? Nih tonton dulu video nya!

Kabarnya, band yang jadi salah satu favoritnya pak Jokowi ini juga bakal manggung lagi di Inggris di tahun 2015 ini!

Gak tanggung-tanggung mereka bakalan tampil di festival metal terbesar Inggris Raya, Bloodstock Open Air.

wpid-unnamed-12.jpg.jpeg  Band Indonesia Yang Layak Dibanggakan! wpid unnamed 12 jpg

(Image for: Bloodstock Open Air Fest)

Yap. Festival musik yang bakal di gelar tanggal 6 – 9 Agustus di Catton Park, Derbyshire, Inggris.

Festival ini juga bakalan diisi sama band sekelas Trivium, Rob Zombie, Sepultura, Napalm Death, dan masih banyak lagi. Dilansir dari detik.com, Megadeath dan Motorhead yang dijuluki “dewa” musik metal tercatat pernah juga ambil bagian di Bloodstock Open Air ini.

The S.I.G.I.T

wpid-unnamed-16.jpg.jpeg  Band Indonesia Yang Layak Dibanggakan! wpid unnamed 16 jpg

(Image for: The S.I,G.I,T)

Masih dari kota kembang, band indie rock ini juga gak kalah keren!

Mengusung musik yang bergenre mirip Led Zeppelin, debut album (2007) The S.I.G.I.T langsung meroket! Sejauh ini The S.I.G.I.T udah teken kontrak sama label asal Australia “Caveman” di album yang berjudul “Visible Idea of Perfection”.

Dampaknya? Lagu ini pun ditampilin dalam penjelajahan 9 kota lewat 16 panggung besar di Australia!

Gokil kan? Baru debut aja udah go international.

wpid-unnamed-11.jpg.jpeg  Band Indonesia Yang Layak Dibanggakan! wpid unnamed 11 jpg

(The S.I.G.I.T album, Visible Idea of Perfection)

Penasaran sama penampilan tampan-tampan rockers ini? Check out the video!

The S.I.G.I.T, pada tahun 2009 sempet juga melakukan tur panjang di tiga venue di Amerika. The Parkside, SXSW (South by South West), dan Whiskey A Go Go pernah jadi tempat nongkrong mereka untuk unjuk gigi dan nampilin kebolehan.

Bahkan Rekti (vokalis dan guitaris) sempet satu panggung sama Graham Coxson dari band Blur. The S.I.G.I.T pun dikabarkan berhasil ngejual lusinan merchandise berupa kaos di tiga tempat tersebut. Album mereka dalam bentuk piringan hitam(vinyl) juga lumayan laku keras disana.

Gak kaget juga sih dengernya. Soalnya di Indonesia pun mereka emang punya segudang prestasi! Diantaranya: Best Band 2007 Juice Magazine Indonesia, Best Indie Band 2007 Hai Magazine, Best Album 2007 Rolling stone Indonesia, Best Band 2007 Grey Magazine dan berbagai penghargaan lainnya.

Mungkin mayoritas orang sini juga akan setuju kalo The S.I.G.I.T itu pantes banget dinobatkan jadi indie rock band terbaik di Indonesia!

***

Well, itulah tadi penjabaran 3 band asal Indonesia yang bakatnya bisa bersaing dinegeri sebrang sehingga kualitasnya patut kita banggain! Semoga aja, ketiga band diatas bisa memotivasi lagi band-band lain untuk ningkatin kualitas musik yang ada di Indonesia kelak.

Kira-kira ada lagi gak band asal Nusantara yang juga patut di perhitungkan skillnya? Share aja yuk di komen!

About the author

Usman Faiz

An adventurer, musician, engineer, and writer. Now study at Institut Teknologi Bandung.

Leave a Comment