Knowledge

5 Innovations You Never Knew Existed

revoluside-5-innovation-1  5 Innovations You Never Knew Existed revoluside 5 innovation 1

Today we’re living in a world when you stop innovate, you are absence.” – Revoluside

Dalam beberapa tahun terakhir, kamu pasti sering banget dikagetin sama inovasi-inovasi mahagokil nan canggih. Kamu dikagetin sama sesuatu yang tadinya kamu kira gak pernah bisa kesampean, eh tiba-tiba pas kamu surfing di internet hal tersebut udah jadi kenyataan.

Penemuan-penemuan imajinatif seperti : Carrie moves objects with her mind? Wolverine’s skin heals instantly? Darth Vader and Batman use lightsabers and grappling guns? Serta sciencefiction-sciencefiction lain yang kamu kira cuma akan ada di film, nyatanya sekarang udah ada yang bisa bikin!

Well, yes. Creativity has no limit.

Buat kamu pecinta inovasi dan ide-ide gokil, kali ini kamu dateng ke artikel yang tepat! Berikut akan di jabarin 5 inovasi-inovasi out-of-the-box versi Revoluside. Inovasi mahasuperkeren yang mungkin belum pernah kamu denger sebelumnya.

Apa aja? Check these stuffs!

1. 3D Printing Pen

3d-pen  5 Innovations You Never Knew Existed 3d pen

3Doodler

Kamu pernah gak ngebayangin nulis atau ngegambar sesuatu tapi langsung dalam bentuk 3 dimensi? Bayangin coba kamu bisa ngedesain apapun, sebebas imajinasi kamu, tanpa harus repot-repot ngotak-ngatik komputer?

Well, dengan 3Doodler hal tersebut bukan lagi bayang-bayang.

The 3Doodler adalah 3D-printing pen terbaik dan pertama di dunia yang memungkinkan kamu untuk ngegambar objek 3 dimensi. Dengan menggunakan metode ekstrusi filamen plastik yang dipanaskan, 3Doodler akan menghasilkan struktur yang stabil begitu filamen yang kamu pakai untuk ngegambar, membeku sesuai dengan suhu kamar.

“You’ll be able to draw up into the air and create anything you can think of, whether it be a lamp shade, an architectural model, decorations, or even jewelry“, – 3doodler.

Penasaran gimana keunggulan dan cara kerja dari 3Doodler ini? Tonton aja nih videonya :

2. SCiO Scanner

scio-kickstarter  5 Innovations You Never Knew Existed scio kickstarter

SCiO

Kamu tau smartphone? Tau lah ya.

Smartphone emang bikin kamu lebih mudah untuk browsing nyari data atau fakta, jeprat-jepret foto, ngasih navigasi lewat peta, dsb. Tapi smartphone tetep ga bisa bawa kamu jadi lebih deket dengan physical environment yang tepat ada di sekitar kamu.

Yap, sampe detik ini smartphone belum bisa lakuin itu.

Kamu pernah gak nemuin smartphone yang bisa kasih keterangan lengkap dan langsung soal substansi kimia yang terkandung dari suatu objek, apapun itu, yang tepat ada disekitar kamu?

Ga pernah kan? Yaa emang sih kamu bisa cari informasi soal substansi kimia dari suatu objek tersebut, katakanlah buah melon, lewat internet. Tapi bisa gak sih smartphone kamu ngasih keterangan tentang kandungan dari buah melon yang bener-bener saat itu lagi kamu pegang?

Faktanya, smartphone kamu belom bisa ngedeteksi apakah melon yang lagi kamu pegang itu manis apa nggak, beracun apa nggak? Smartphone kamu juga ga bisa ngasih tau apakah melonnya udah mateng, masih puber, dll? Iya kan, gabisa?

Hmm, seandainya aja bisa, pasti bakalan keren ya?

Tapi ada kabar baik nih! Ada kabar kalo sebentar lagi kamu bisa dengan mudah lakuin itu.

Hah, gimana caranya?

Meet SCiO!

Apa itu SCiO? SCiO itu kaya semacem sensor molekuler. SCiO adalah spectrometer (sebuah alat uji) yang memungkinkan kamu medapatkan informasi yang relevan secara instan, tentang substansi kimia dari suatu objek dengan cara memindainya.

Hasil pindai dari SCiO ini nantinya akan langsung keliatan lewat aplikasi SCiO yang udah terinstall di smartphone kamu. Kamu cuma tinggal senterin aja objek yang mau kamu pindai dan sesaat setelah itu, SCiO akan kasih kamu penjelasan detail soal susunan kimia dari objek tersebut. Gokil gak?

Kalo bisa dirangkum, ada 4 poin yang ngejelasin fungsi SCiO secara umum :

1. SCiO bisa nge-scan kandungan dari berbagai produk susu, buah-buahan, sayuran, makanan dan minuman, daging, dan lain-lain. Setelah di-scan, SCiO juga akan automatically ngasih tau ke kamu tentang fakta dan penjelasan dari gizi-gizi yang terkandung.

2. SCiO bisa ngasih tau kamu jenis tanaman apa yang mau kamu scan. Dia juga akan kasih tau ke kamu apakah tanaman itu lagi sehat atau nggak.

3. SCiO bisa mengidentifikasi obat-obatan yang kamu mau konsumsi.

4. Kedepannya SCiO akan bisa mengidentifikasi bahan-bahan lain seperti kosmetik, bahan pakaian, perhiasan, jenis batuan, minyak, bahkan hewan peliharaan kamu! SCiO pun digadang-gadang akan jadi database materi terbesar sedunia.

Beuh, kurang gokil apa coba? Selain bisa ngebantu kamu untuk milih makanan apa yang baik dan di butuhin tubuh, ngehindarin kamu dari alergi, deteksi alkohol dan zat berbahaya lain, SCiO juga akan buat kamu nambah pinter dengan mengenal materi penyusun suatu hal.

Buat kamu yang penasaran sama cara kerja, keunggulan, dan penampakkan SCiO, bisa disimak video berikut :

3. SPIN Remote

5 Innovations You Never Knew Existed spin remote

SPIN Remote

“Meet the last remote you’ll ever need” – Atmel

Tanpa sadar, kemajuan teknologi udah ngebawa kamu ke masa dimana semuanya serba elektronik. Selalu aja ada alat elektronik yang diciptain untuk mempermudah hidup kamu.

Tapi.. Kalo alat elektronik yang kamu punya itu banyak, berabe juga yah. Kenapa? Karena ujungnya hal tersebut bukan malah mempermudah kamu, tapi malah bisa jadi nyusahin.

Gimana nggak? Mau nyalain AC, kamu harus cari dulu remote-nya, atur mode, suhu, timer, dsb? Kamu mau nonton TV, lagi-lagi harus cari dulu remote-nya, baru bisa nyalain, ganti chanel, atur volume dsb? Mau denger lagu, nonton dvd dll pun prosedurnya sama seperti itu. Ngegunain remote-nya masing-masing.

Gimana kalo suatu saat remote-remote itu hilang? Gimana kalo kamu lupa naronya? Gimana kalo alat elektronik dirumah kamu banyak banget? Ditambah, gimana coba kalo misalnya kamu beli alat elektronik yang lebih kompleks lagi penggunaannya?

Hal-hal kayak diatas malah akan ngebuat kamu makin ribet kan?

Maka dari itu timbul-lah ide gokil untuk nyelesain masalah ini.

Yap, SPIN Remote!

SPIN Remote adalah remote mahacanggih yang akan menghapus semua keribetan itu. Bayangin kalo kamu kecapean abis pulang kerja, saat masuk kerumah, kamu cuma tinggal arahin SPIN Remote ke alat elektronik apapun yang mau kamu nyalain, touch dikit remotenya, puter-puter, dan semuanya beres.

Seriusan bisa kaya gitu?

Yoi! SPIN Remote bisa banget kamu gunain untuk ngontrol semua alat elektronik dirumah kamu. Dengan aplikasi SPIN Remote yang udah terinstall di smartphone, kamu bebas nentuin alat elektronik apa yang mau kamu kontrol pake remote ajaib ini.

Aplikasi yang terinstall akan membebaskan kamu untuk nentuin command apapun ke alat elektronik yang kamu pilih. Mau dinyalain? Ganti chanel? Gedein volumenya, dll? Terserah kamu.

Selanjutnya kamu tinggal tentuin deh gimana cara SPIN Remote mengaplikasikan command itu.

Kalo kamu masih bingung, nih mending kamu langsung liat aja videonya.

4. Cicret Bracelet

5 Innovations You Never Knew Existed Cicret 20Bracelet 970 80

 Cicret Bracelet

“The first one and only one in the world which succeeded to combine 4 technologies,” – Cicret

Gambar diatas kayaknya sih udah ngewakilin kegokilan dari produk ini. Disaat semua orang berlomba-lomba untuk ngebuat smartphone dengan ukuran yang tipis, Cicret Bracelet hadir dengan ide out-of-the-box!

Cuma Cicret Bracelet yang bisa ngebuat smartphone kamu setipis cahaya sehingga proyeksinya bisa nempel di tangan kamu sendiri. Dengan Cicret, kamu bisa lakuin semua yang smartphone kamu bisa lakuin cuma dengan mijet-mijet lengan kamu. Gokil kan?

Ada 2 rahasia penting pada Cicret yang membuat hal diatas jadi kenyataan. Pico projector dan Proximity sensors.

5 Innovations You Never Knew Existed ever win ewp1000 pico 20090401 500

(Pico projector and Proximity sensors)

Pico projector terletak di bagian tengah gelang sehingga nantinya mampu menampilkan desktop smartphone kamu tepat diatas lengan. Yaa mirip-mirip infocus yang sering kamu pake buat presentasi aja. Cuma ini versi mini-nya.

Trus, cara Cicret bekerja layaknya touch-screen pada smartphone itu gimana?

Nah.. Ketika kamu meletakkan jari kamu di interface, kamu akan menghentikan gelombang yang dipancarkan 8 Proximity Sensors . Ketika hal itu terjadi, 8 proximity sensors langsung mengirim sinyal tersebut ke prosesor yang ada di dalam Cicret, yang akhirnya mampu membuat Cicret beroperasi layaknya touchscreen di smartphone.

Ilustrasinya sebagai berikut :

5 Innovations You Never Knew Existed Cicret 20Bracelet 970 80

(Proximity Sensors, Cicret)

Masih belum ngerti juga dengan kegokilan yang diciptain Cicret? Simak aja video berikut.

5. Sixth Sense

5 Innovations You Never Knew Existed 0909 mistry labld x600

Pranav Mistry

Dalam seminggu, kira-kira berapa jam sih waktu yang kamu gunain didepan komputer/smartphone? Atau dalam sehari deh, kira-kira berapa lama sih kamu luangin waktu kamu didepan smartphone?

1 jam? Ga mungkin kayaknya yah kalo sesebentar itu.

Dilansir dari Business Insider Australia, pada tahun 2013 aja rata-rata waktu yang digunakan seseorang dengan smartphone mereka dalam sehari adalah 2 jam! That’s certainly an eye-catching number.

Coba kamu kaliin waktu 2 jam itu selama seminggu, sebulan, atau setahun? Jadi berapa tuh?

Itu baru di tahun 2013. Apa kabar di 2015 sekarang?

Nah tanpa sadar, waktu yang kamu luangin di dunia digital menyebabkan berkurangnya (secara drastis) interaksi kamu dengan physical environment di sekitar kamu.

Karena smartphone, kamu jadi jarang silaturahmi. Karena smartphone, kamu jadi cancel banyak pertemuan. Karena smartphone, kamu jadi nembak cewe tanpa ribet. Dan karena smartphone juga, kamu jadi kurang peduli dengan hal-hal yang ada disekitar kamu. Ya gak?

Smartphone itu ajaib. Mendekatkan yang jauh, menjauhkan yang dekat.

Bahkan smartphone juga bisa ngerubah beberapa fungsi tubuh kamu. Tangan kamu yang seharusnya bisa ngangkat dan mindahin sesuatu, eh malah dialih fungsikan dengan mouse. Mulut kamu yang tadinya sering cerita, eh diganti sama keyboard. Mata kamu yang tadinya bisa nikmatin pemandangan apapun, diganti sama kamera Iphone. Dan masih banyak lagi.

Untuk itulah Pranav Mistry menciptakan Sixth Sense sebagai inovasi yang bisa dibilang, paling gokil daripada inovasi yang lainnya! Sixth Sense memungkinkan kamu berinteraksi dengan dunia digital tapi gak lupa dengan cara kamu berinteraksi sosial setiap harinya. Sixth Sense pun akan ngembaliin perilaku kamu menjadi sebagaimana manusia biasa, persis ketika pertama kali diciptakan.

Teknologi ini sampe masuk TEDtalks karena dinilai sangat inovatif! Penasaran seperti apa? Berikut video presentasinya:

Gimana? Udah bisa buat kamu terkagum-kagum?

Segitu aja dulu sih rangkuman Revoluside seputar inovasi paling gokil yang bisa diciptain baru-baru ini. Sebenernya masih banyak lagi yang lebih gokil.

Very soon, you will be informed again about them!

Tungguin aja di artikel berikutnya, karena cuma di Revoluside, ide-ide ber-revolusi!

About the author

Rizky Zulkarnaen

Speaker, Writer, Engineer

Leave a Comment