Leisure Lifestyle

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki!

Mendaki gunung adalah suatu kegiatan yang menyenangkan namun sekaligus penuh tantangan, setiap gunung memiliki medan dan kesulitan masing-masing. Gunung tertinggi di dunia terletak di pegunungan Himalaya yaitu gunung Mount Everest dengan tinggi mencapai 8,848 mdpl(meter di atas permukaan laut).

Indonesia adalah negara yang terletak di antara lempeng tektonik aktif dan juga dilewati jalur gunung berapi aktif dunia dan tentu saja terdapat banyak gunung yang bisa didaki. Tapi tau enggak sih mendaki gunung itu ternyata tidak semudah yang kamu bayangkan loh, seperti yang dikatakan Om Edmund (Salah satu orang pertama yang mencapai puncak Everest)

“It is not the mountain we conquer but ourselves” – Edmund Hillary

Bukan gunung yang harus kita taklukan melainkan diri kita sendiri. Nah kali ini Revoluside mau membahas 4 gunung di Indonesia yang wajib banget kamu daki karena keindahannya, tingkat kesulitan, ataupun keunikannya.

1. Gunung Rinjani

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! gunung rinjani2

Gunung Rinjani

Revoluside sangat merekomendasikan kamu untuk mendaki Gunung Rinjani ini, bukan cuma puncaknya yang benar-benar indah namun berbagai tempat yang akan kamu lewati di jalur pendakian juga akan bikin kamu geleng kepala, karena keindahan yang tidak ada tandingannya.

Gunung Rinjani yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini adalah gunung kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggia 3,726 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Menuju Rinjani kamu harus menyeberangi pulau dahulu menuju pulau lombok, di kapal kamu akan disambut matahari terbit yang benar-benar indah dengan pemandangan pulau-pulau kecil di kejauhan.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! CIMG1506

Menuju Pulau Lombok

Di awal pendakian kamu akan disambut bukit 3 dara, padang savana yang eksotis, dan hutan hujan tropis dengan pohon-pohon yang menjulang tinggi, seperti bukan berada di Indonesia.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! rinjani

Bukit 3 Dara

Pendakian akan menuju ke pos Plawangan Sembalun, dalam perjalanan menuju kesana kamu akan melewati padang savanna yang benar-benar luas dan indah, terhampar sejauh mata memandang.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! 10savana rinjani

Savana Rinjani

Oh ya gunung ini juga disebut gunung pantai karena sengatan panasnya di sepanjang padang ini. Pos Plawangan Sembalun akan menyambut kamu dengan pemandangan awan-awan dibawah kaki dan desiran angin yang begitu terdengar di telinga, sensasi yang luar biasa.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! via trekkingrinjani wordpress com 1

Plawangan Sembalun

Setelah pos Plawangan Sembalun kamu akan langsung menuju puncak dengan jarak 1 km secara vertikal, jalur yang amat terjal penuh dengan batu berpasir, di kiri-kanan tampak jurang yang menganga lebar dan sangat dalam. Disini benar-benar dibutuhkan mental yang kuat dan juga fisik yang prima untuk mencapai puncak. Kamu harus benar-benar mengalahkan dirimu, hingga akhirnya rasa lelah akan terbayar ketika tiba di puncak Rinjani.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! rinjn

Menuju Puncak Rinjani

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! gunung terindah di indonesia gunung rinjani

Puncak Rinjani

Turun dari puncak kamu dapat mengunjungi danau segara anak (1700 mdpl) yang luas dan sangat indah bagaikan laut, dan disinilah kamu akan mendapat kejutan yaitu air hangat! .Di sisi lain danau ini terdapat sumber air panas yang lumayan luas, berendam di dalam air panas untuk meredakan tubuh yang kelelahan memang nikmat yang tiada bandingannya.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! Segara Anak 1

Danau Segara Anak

2. Gunung Jaya Wijaya

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! carstensz pyramid 1

Gunung Jaya Wijaya/ Cartenz Pyramid

Gunung Jaya Wijaya ini terletak di Mimika, Papua dan merupakan gunung tertinggi di Asia tenggara dan Oseania dengan tinggi 4,884 mdpl. Revoluside akan membahas gunung yang puncaknya ditutupi es ini.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! Cartenz Papua Indonesia

Puncak Jaya Wijaya / Cartenz

Jalur pendakian ke puncak Jaya Wijaya ini terbilang extreme dan biasanya hanya didaki oleh pendaki profesional seperti anggota wanadri(komunitas pendaki profesional) namun pesonanya sebagai anggota dari The Seven Summits. Yakni tujuh puncak tertinggi yang ada di lempengan benua, bersama Mount Everest (Asia), Kilimanjaro (Afrika), Elbrus (Eropa), Aconcagua (Amerika Selatan), Mckinley (Amerika Utara), dan Vinson Massif (Antartika). Hal ini membuat gunung ini menjadi begitu terkenal dan tersohor, belum lagi jalur ice trakking yang hanya bisa kamu rasakan disini.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! gunung tertinggi jayawijaya1

Pendaki Profesional di Cartenz

Mendaki gunung ini kamu akan bertemu dengan banyak pendaki kelas dunia yang benar-benar pro dan terlatih.

Untuk mendaki gunung ini kamu membutuhkan surat izin dan rekomendasi yang sangat banyak, belum lagi sertifikasi panjat tebing dan lain lain, biayanya juga terbilang mahal.

Jalur mendaki bisa berjalan melewati Desa Ilaga atau menumpang helikopter langsung menuju base camp Danau Valley. Setelah melewati jalur pendakian yang terjal kamu harus segera mempersiapkan diri karena pada ketinggian 4000 mdpl oksigen akan sangat tipis dan suhu akan berada dibawah nol derajat celcius, skill dan mental benar-benar harus diterapkan disini.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! Puncak Cartenz

Jalur Terjal Menuju Puncak Cartenz

Lalu kamu akan melewati danau-danau selama 5-6 jam hingga mencapai jurang dengan kedalaman 100 m, kamu harus menggantungkan diri dengan tali di udara selama 15 menit untuk sampai ke seberang tebing, setelah itu beberapa menit kemudian kamu akan segera tiba di puncak Jaya Wijaya.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! cartez

Jurang Yang Harus Dilewati Dengan Menggantung Pada Tali

Kamu tidak akan bisa berlama-lama berada di puncak karena seperti Gunung Everest persediaan oksigen sangat tipis disini. Gunung Jaya Wijaya banyak menceritakan kegagalan ekspedisi ketika turun, baik itu karena terhempas badai es atau terkena penyakit hypotermia. Namun gunung ini tetap amat menarik untuk kamu daki, karena pengalaman luar biasa yang tak akan bisa kamu bagi hanya dengan bercerita saja.

3. Gunung Semeru

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! ok IMG 4740 OANC Kalender

Gunung Semeru

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau jawa dengan ketinggi 3,676 mdpl, nah revoluside akan kupas-tuntas tentang keseruan pendakian gunung semeru ini. Puncak tertinggi gunung ini adalah puncak Mahameru yang juga di film kan dalam sebuah film berjudul 5 cm

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! MAHAMERU

Puncak Gunung Semeru (Dinamakan Puncak Mahameru)

Gunung ini menyuguhkan berbagai keindahan di sepanjang jalur pendakiannya, mendaki gunung ini sebenarnya hanya membutuhkan 4 hari untuk pulang pergi, namun revo menyarankan kamu untuk membawa bekal lebih banyak (untuk sekitar 7 hari) karena kamu akan betah berlama-lama di gunung ini menikmati berbagai keindahannya.

Pendakian bisa ditempuh dari Kota Malang menggunakan jip atau truk sayur menuju Pos Ranu Pani, dari Pos ini jalurnya sangat landai dan santai kamu akan menikmati keindahan padang savana dan juga edelweis di sepanjang jalur ini.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! p1230243

Padang Savana Semeru

Lalu sampai di Watu Wejeng kami masih harus berjalan 4,5 km menuju Ranu Kumbolo lagi-lagi perjalanan kamu akan dihiasi oleh pemandangan lembah nan indah yang akan membuat kamu ingin berlarian karena sensasi yang begitu lega dan nikmat.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! pangonancilik 1 5640676c0023bd31048b4567

Padang Savana Semeru

Ranu Kumbolo adalah tempat untuk camp yang cukup ramai, disini para pendaki sangat ramah dan mereka biasanya akan saling menawarkan makanan, terdapat danau yang sangat indah apabila dilihat ketika sunrise. Pemandangan yang menakjubkan akan disuguhkan oleh danau ini. Airnya juga bersih dan kamu bisa mengisi persediaan air disini.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! DSCN0132

Sunrise di Ranu Kumbolo

Dari Ranu Kumbolo kamu akan melewati bukit dan lagi-lagi disambut dengan kemegahan Oro-Oro Ombo yaitu padang rumput yang sangat luas dan juga indah

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! mount semeru summit mt bromo ijen crater trekking tour

Menuju Kalimati (Camp Terakhir Sebelum Summit)

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! 11 1

Padang Savana Semeru

Menuju pos selanjutnya yaitu pos kalimati (2700 mdpl) kamu akan melihat kijang-kijang berlarian diantara pohon-pohon cemara. Di pos kalimati ini berupa padang rumput luas dan terdapat banyak ranting ,revo menyarankan agar kamu membuat api unggun di malam hari dan menikmati kehidupan alam serta pemandangan bintang di langit.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! 23 TN Bromo Tengger Semeru 1

Menuju Pos Kalimati

Oh ya summit attack dapat dilakukan jam 12 malam dari kalimati ,barang sebaiknya kamu tinggal saja karena pendakian hanya selama 3-4 jam dan jalurnya lumayan terjal. Sampai di Puncak Mahameru ,kondisi yang lumayan dingin yakni 4-10 derajat celcius dan pada musim kemarau bisa menyentuh 0 derajat dan kamu akan menjumpai kristal es.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! P8110162

Puncak Semeru (Mahameru)

4. Gunung Prau

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! pemandangan gunung prau 1

Gunung Prau

Revoluside juga merekomendasikan kamu untuk naik gunung ini, karena tidak terlalu tinggi ,mudah dan juga sunrisenya yang sangat-sangat indah disebut-sebut sebagai gunung dengan sunrise terindah di Asia Tenggara. Gunung ini sangat cocok untuk pemula karena Gunung Prau hanya memiliki tinggi 2,565 mdpl.

Terletak di dataran tinggi Dieng Wonosobo, kamu sudah akan disambut indahnya suasana Dieng. Pendakian bisa kamu mulai via pos Patak Banteng dengan jalur yang tidak terlalu ekstrem dan santai ,sekitar 5-7 jam kamu akan segera tiba di bukit teletubies yang sangat indah dan menawan.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! 23001594189 90ca193d35 c

Bukit Teletubies (Pagi Hari)

Revo menyarankan untuk berangkat di malam hari karena sunrise di puncak Prau akan benar-benar indah dan terasa sangat sayang apabila kamu melewatkannya, sekitar jam 5 pagi di puncak Prau kamu akan melihat dua Gunung yakni Sindoro dan Sumbing yang malu-malu ditutupi sedikit kabut yang tertembus oleh sinar matahari luar biasa indah dan benar-benar juara , bukit-bukit akan menguning tertimpa sinar dicampur warna langit kemerah mudaan bercampur biru. Begitu cantik dan indah.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! sunrise

Sunrise Puncak Prau

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! maxresdefault 2

Sunset di Puncak Prau

Revoluside juga menyarankan kamu untuk bermalam di puncak saja, karena indahnya cahaya sunset dan terang nya cahaya bintang dan bulan di malam hari akan benar-benar menakjubkan dan tidak boleh terlewatkan ,oh ya Prau juga salah satu tempat terbaik untuk melihat gugusan bintang milky way. Namun terkadang kabut menutupi dan sedikit menghalangi pemandangan yang begitu indah.

4 Gunung di Indonesia Ini Wajib Kamu Daki! gunung prau wonosobo jawa tengah good night t

Milky Way dari Puncak Prau

Mendaki Prau sangat menyenangkan karena ramai dan rasa capek yang sama sekali tidak terasa.

Dan itu lah 4 Gunung yang wajib banget kamu daki versi Revoluside, sesungguhnya mendaki gunung itu bukan tentang kekuatan fisik ataupun hanya sekedar gaya, mendaki gunung itu adalah salah satu cara mengalahkan rasa egois dalam diri sendiri. So tanamkan rasa pantang menyerah dan semangat dalam diri kita masing-masing ya 🙂 .

About the author

Usman Faiz

An adventurer, musician, engineer, and writer. Now study at Institut Teknologi Bandung.

Leave a Comment