Youthack

3 Hal yang Harus Kamu Persiapkan sebelum Menerbangkan DRONE

drone-technology_1-1024x683  3 Hal yang Harus Kamu Persiapkan sebelum Menerbangkan DRONE drone technology 1

Well, industri peasawat kecil tanpa awak (drone) ini mendadak populer baru-baru ini. Kapabilitas dan kecakapannya dalam merekam dan memotret gambar full HD dari atas langit berhasil membuat banyak orang tertarik. Bagi kamu yang belum tau seperti apa sih pemandangan yang bisa dihasilkan lewat drone, di bawah ini ada video dari Revoluside yang bisa kamu play agar kamu bisa saksikan sekilas bahwa, drone ini merupakan alat yang benar-benar apik!

 

Gimana? Sekalipun gambar yang Revoluside ambil belum terlalu soft, tetap saja kan pemandangan yang ada dalam video tersebut keren?

Nah faktanya, menerbangkan drone itu tidak semudah yang kita bayangkan. Mereka yang membeli drone mungkin menemukan kesulitan yang lebih banyak saat mencoba menerbangkannya dengan benar. Namun lagi-lagi, keahlian dalam menerbangkan drone ini bukanlah suatu hal yang tidak mungkin.

Hal yang kamu butuhkan hanyalah sedikit sabar dan meluangkan waktu lebih banyak  untuk belajar menerbangkannya. Intinya, kamu bisa kok nerbangin drone dengan lancar dan hasil yang kamu dapet itu sangat memuaskan.

Bagi kamu yang belum memiliki drone dan berencana untuk membelinya, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membeli drone yang berkualitas! Soalnya, ada banyak juga perusahaan yang memproduksi drone sehingga penting buat kamu untuk tahu tipe-tipe drone yang cocok untuk kamu pakai. Jangan sampai nantinya ketika kamu membeli drone, kamu malah beli drone angkatan militer lagi?

Nah, tipe drone yang akan Revoluside bahas disini merupakan tipe drone yang bertujuan untuk rekreasi ataupun sekedar meliput suatu event. Soal kualitas dan harga dari tipe drone ini pun kamu gak perlu khawatir. Karena sekarang ini sudah banyak kok perusahaan yang berinovasi untuk menggabungkan drone mahal berkualitas tinggi dengan simple drone demi menciptakan model yang lebih baik dan terjangkau.

dji_2  3 Hal yang Harus Kamu Persiapkan sebelum Menerbangkan DRONE DJI 2

(Image for : DJI Phantom Drone)

Pada drone ini, umumnya terdapat empat motor baling-baling dan baling-balingnya ini terpasang di tiap ujung lengan. Dua dari baling-baling ini berputar searah jarum jam, dan dua lagi berputar berlawanan arah jarum jam. Drone tipe ini juga dilengkapi dengan kamera HD yang artinya kamu dapat merekam dan memotret gambar pada saat drone diterbangkan bahkan sampai dengan kualitas 4K!

Beberapa drone juga ada yang dilengkapi dengan crash-avoidance-system ( sistem penghindar benturan) dan pastinya menggunakan GPS. Drone tipe ini akan ngebantu kamu banget dalam mengambil gambar terbaik tanpa perlu khawatir benturan yang akan dialami oleh drone.

Bahkan model-model terbaru dari drone semakin mudah untuk kita terbangkan dan juga perbaiki. Jadi sekalipun kamu gak sengaja nabrak tembok, gak usah terlalu khawatir. Kamu cuma butuh beberapa waktu aja agar drone kamu bisa kembali terbang normal dengan sendirinya.

Hal penting selanjutnya yang harus kamu tahu adalah kamu juga harus mengerti input commands (menu perintah, opsi & feature drone) sebelum drone diterbangkan. Kamu bisa mempelajari hal tersebut tanpa harus menerbangkan drone terlebih dahulu. Harapannya, setelah kamu mempelajari input commands ini dengan baik di aplikasi drone smartphone kamu, kamu akan menjadi lebih percaya diri dalam mengontrol drone saat terbang. Teknik-teknik seperti memutar drone ke arah kiri dan kanan atau cara tepat saat drone melakukan take-off/landing juga harus kamu ketahui.

Kalo kamu sudah melakukan dan memperhatikan penjabaran diatas, selanjutnya apa aja sih hal-hal yang harus kamu siapkan sebelum menerbangkan drone kamu secara real (bukan lagi latihan)?

#1 Penguasaan control

phantom-2-vision-plus-transmitter  3 Hal yang Harus Kamu Persiapkan sebelum Menerbangkan DRONE Phantom 2 Vision plus transmitter

(Image for : Drone Control)

Hal dasar yang harus dimiliki oleh seorang pilot drone adalah benar-benar paham caranya menerbangkan drone ketika telah terbang lewat remote controlnya. Keliatannya sih gampang karena mirip stik Play Station. Tapi jangan salah, banyak kasus kecelakaan yang dialami pilot pemula karena hal dasar ini.

Salah satu contohnya adalah disorientasi arah, yaitu perbedaan persepsi arah antara pilot dan drone yang ia terbangkan. Gampangngya, saat muka drone menghadap pilot, terjadilah hukum pencerminan. Artinya arah kanan kamu menjadi arah kiri drone dan begitu juga sebaliknya. Tapi kebalikan ini ga berlaku untuk control naik turun drone loh yaa. Mispersepsi ini yang membuat pilot pemula panik saat terbang di deket halangan dan akhirnya kehilangan kontrol.

Memang sih jenis drone terbaru punya fitur yang namanya course lock, yaitu dengan mengunci arah kanan kiri depan belakang drone tanpa memperdulikan kemana arah muka drone. Tapi tetap saja menguasai kontrol drone akan meminimalisir kecelakaan dan meningkatkan kualitas terbang drone kamu.

Selain kontrol arah, penguasaan dalam mengontrol pan atau naik turun kamera sehalus mungkin juga gak kalah penting khususnya kalau kamu mau dokumentasi dalam bentuk video agar hasilnya lebih keren.

#2 Lakukan pre flight checks

maxresdefault-1  3 Hal yang Harus Kamu Persiapkan sebelum Menerbangkan DRONE maxresdefault 1

Yang kedua adalah melakukan pengecekan terakhir sesaat sebelum lepas landas. Tujuannya ya jelas untuk meminimalisir kecelakaan saat drone kamu mengudara. Beberapa tahap yang Revoluside sarankan adalah sebagai berikut :

  • Pengecekan fisik drone dari mulai melihat level baterai, melepas penahan kamera, mengencangkan baling baling, dan kekencangan baut penghubung
  • Melakukan kalibrasi kompas sesuai dengan petunjuk drone yang kamu punya agar drone kamu tau dimana ia terbang. Pada saat kalibrasi, jauhi benda benda yang punya magnet kuat karena sensor drone sensitive terhadap benda-benda tersebut.
  • Setelah semua tahap di atas telah dilaksanakan, jangan langsung buru buru terbangin drone kamu terlalu tinggi. Cukup sekitar 2 meter untuk beberapa saat untuk memastikan bahwa drone kamu siap untuk terbang lebih tinggi lagi.

#3 Penguasaan camera setting

dji-inspire-1-4-2-1024x682  3 Hal yang Harus Kamu Persiapkan sebelum Menerbangkan DRONE DJI Inspire 1 4 2

Untuk mendapatkan kualitas foto maupun video yang baik, kita gak bisa cuma mengandalkan pengaturan otomatis. Pelajari pula teknik pengaturan kamera sesuai dengan kondisi lapangan agar hasil yang kamu dapat nanti maksimal. Ada banyak kok tutorial yang bisa kamu tonton langusng lewat youtube!

Selain itu inget juga waktu terbang drone kamu itu terbatas, jadi semakin cepat kamu selesai mengatur kamera drone kamu, semakin lama deh waktu yang kamu punya untuk terbang dan mengambil gambar.

Selain hal-hal teknis di atas, beberapa catatan penting lain yang Revoluside bisa tambahkan dalam menerbangkan drone adalah :

  • Jangan panik saat drone kamu mengudara karena waktu yang kamu punya sedikit. Tetap tenang dan liat sekeliling kamu untuk mencari angle angle foto dan video terbaik. Manfaatkan waktu terbang yang sedikit itu sebaik mungkin
  • Jika drone kamu terjatuh, segera matikan baling-balingnya lewat remote. Karena biarpun baling balingnya berhenti karena tertahan sesuatu, motor penggeraknya tetap menyala dan kalau dibiarkan akan mengakibatkan motor baling baling drone tadi terbakar.

That’s all! Itu aja sih yang bisa Revoluside sharing ke kamu soal tips & tricks dalam menerbangkan Drone. Semoga bermanfaat!

About the author

Anggi T Nugraha

Passion and smile addict

Leave a Comment