Knowledge

10 Macam Logika Sesat yang Paling Sering Terjadi ketika Berargumen

la-oe-mcmanus-presidential-debate-questions-20161009-snap  10 Macam Logika Sesat yang Paling Sering Terjadi ketika Berargumen la oe mcmanus presidential debate questions 20161009 snap

Demokrasi. Sebuah kata yang umum terdengar di telinga kita dan syarat akan makna. Baru-baru ini ranah dunia maya diramaikan dengan debat terbuka calon kandidat Presiden Amerika Serikat yakni Clinton dan Trump. Perdebatan, kebebasan berpendapat, musyawarah, voting dlsb ini merupakan sebuah praktik yang biasa dilakukan apabila sistem pemerintahan yang dianut dalam sebuah negara itu demokrasi.

Nah, dalam artikel kali ini Revoluside akan membahas salah satu ruang lingkup dalam demokrasi yaitu dari segi kebebasan berargumen. Hal ini dirasa penting melihat perkembangan media yang semakin pesat sehingga menstimulus banyak orang untuk saling berargumen (berdebat).

Ada bagusnya sih memang dikala kita berdebat karena semakin banyak perdebatan, demokrasi di negara kita pun semakin digebeerr! Tapi, pernah gak sih kamu membaca atau mendengar argumen-argumen orang tentang suatu bahasan tertentu dan kamu ngerasa kalo argumen dia tuh ‘gak banget’? Atau mungkin, pernah gak sih kamu ‘kemakan’ sama argumen-argumen orang yang sebetulnya sok pintar padahal argumen mereka itu tidak logis?

Nah disini, akan Revoluside jabarkan 10 macam kesalahan berpikir (logical fallacy) dalam berargumen yang sering terjadi ketika ada perdebatan. Harapannya sih, setelah kamu selesai membaca artikel ini kamu akan bisa membedakan mana kah argumen yang sebenernya sampah dan mana juga argumen yang betul-betul relevan?

So, apa aja 10 macam kesesatan berpikir ini, yuk kita bahas satu persatu!

#1 Slippery Slope

slippery_slope  10 Macam Logika Sesat yang Paling Sering Terjadi ketika Berargumen Slippery slope

Kesesatan berpikir ini terjadi ketika ada yang mengatakan apabila kita membiarkan A terjadi, maka Z pada akhirnya akan terjadi. Maka dari itu A gak boleh10 Macam Logika Sesat yang Paling Sering Terjadi ketika Berargumen arrow kejadian!

Ini adalah tipe argumen yang nakut-nakutin orang, kalo gak mau Z terjadi ya A jangan sampai kejadian.

Contoh nya gini:

Karena fenomena LGBT dan pernikahan sesama jenis semakin marak, Budi gak bisa terima dan bilang, “Apabila kita membolehkan penyuka sesama jenis untuk menikah, maka hal yang akan terjadi selanjutnya adalah kita akan membolehkan orang –orang untuk menikah dengan orang tua mereka, pohon-pohon, mobil mereka, bahkan binatang.”

Kenapa hal ini termasuk kesesatan berpikir? Karena biasanya gak didukung dengan data statistik yang menyebutkan bahwa konsekuensi dari A itu pasti Z.

#2 Appeal to authority

four_presidents  10 Macam Logika Sesat yang Paling Sering Terjadi ketika Berargumen Four Presidents

Simpelnya adalah, “You said that because an authority thinks something, it must therefore be true.”

Kalo ada orang yang gelarnya banyak, berkuasa, pangkatnya tinggi, maka omongannya udah pasti bener. Emang bener ya? Belum tentu juga lho.

Contohnya gini :

Ada temen kamu yang bilang, “Jadi lo gak percaya kalo kita berasal dari monyet? Dosen-dosen biologi gua aja banyak yang percaya. Segitu gelar mereka Doktor. Masa mereka salah?”

Kenapa hal ini termasuk kesesatan berpikir? Ya karena bisa aja pihak yg dijadiin patokan itu salah. Berkuasa, bergelar tinggi, gak bikin mereka selalu bener.

#3 TU QUOQUE

Man being scolded by his shadow  10 Macam Logika Sesat yang Paling Sering Terjadi ketika Berargumen o CRITICISM facebook

Tu Quoque ini terjadi ketika ada orang yang menjawab kritikan dengan kritikan.

Contohnya gini :

Merry : “Katanya aksi damai. Kok malah rusuh?”

Jane : “Udah, diem aja. Lu tuh gak tau apa-apa. Gua yang langsung turun ke jalan. Ngeliat langsung apa yang terjadi. Yang hanya tidur-tiduran sambil nonton doang, jangan seenaknya berspekulasi sesuai emosi masing-masing.”

Kenapa argumen ini sesat? Karena argumen ini dilontarkan bukan untuk menjawab, tapi mengkritik balik sehingga pendapat orang yang tadinya mengkritik itu dibuat seolah-olah salah dari awal.

Ngomong-ngomong soal kritik-mengkritik, Revoluside punya saran kalo misalnya kamu di kritik yaa yaudah telen aja. Karena kritikan itu datangnya dari luar diri kamu. Dan satu-satunya hal yang bisa liat kamu dari luar itu yaa orang lain. Apalagi kalo kamu sampe bilang, “Emangnya lo bisa?”

Kalem aja. Terima dan koreksi diri. Jadiin kritikan itu motivasi.

#4 The Texas Sharpshooter

texas  10 Macam Logika Sesat yang Paling Sering Terjadi ketika Berargumen texas

Kesesatan berpikir yang satu ini terjadi ketika kamu mencoba untuk memakai satu contoh kasus general untuk mendukung argumen yang sifatnya lebih khusus, atau sebaliknya.

Contoh:

Sambil kesal Jennifer berkata, “Dasar cowo brengs*k! Bisa-bisanya didepan gue dia selingkuh sama temen baik gue sendiri. Emang yaaa cowo tuh.. Pokoknya semua cowok sama aja!”

Kenapa hal ini termasuk kesesatan berpikir? Karena untuk argumen yang bersifat luas/general harus dipakai dukungan data yang lebih banyak banyak banyak lagi. Dan sebaliknya, untuk argumen yang lebih khusus, data yang dipakai harus lebih mendetail.

#5 Burden of proof

i-dont-trust-words-i-trust-actions-quote-1  10 Macam Logika Sesat yang Paling Sering Terjadi ketika Berargumen i dont trust words i trust actions quote 1

Menurut kamu, gambar quotes diatas itu merupakan logika sesat bukan sih?

Jawabannya, iya. Quotes diatas akan menjadi sesat apabila kasusnya seperti berikut ini :

Andy : “Lo semua harus tau kalo bumi itu datar dan selama ini kita dibohongin! Semua foto-foto satelit, planet –planet dan bumi berbentuk bola itu hanyalah CGI belaka!

John : “Dasar orang gila! Mana mungkin bumi itu datar?”

Andy : “Apa lo bilang? Emangnya lo udah pernah ke luar angkasa dan ngeliat bentuk bumi secara langsung? Belom kan? Itu artinya lo gak bisa bilang kalo gue itu orang gila!”

Nah, intinya Burden of proof adalah menggunakan ketidakmampuan seseorang untuk membuktikan suatu hal yang Ia percaya sehingga meng-klaim bahwa pernyataan Ia itu berlaku benar.

#6 AD HOMINEM

confrontation-chess-photodune-1127088-788x525  10 Macam Logika Sesat yang Paling Sering Terjadi ketika Berargumen confrontation chess photodune 1127088

Kesalahan berpikir ini terjadi disaat ada orang yang mencoba menyerang pribadi lawannya untuk melemahkan argumen mereka.

Contohnya gini :

Ada pendukung capres 2 ngomong, “Ah.. Jangankan mimpin negara, mimpin pasukan aja dipecat! Mimpin keluarga cerai dan gak deket sama anak sendiri. Yaaa bisanya mimpin kuda doang. Emangnya rakyat Indonesia itu sama kayak kuda?”

Kenapa argumen ini termasuk kesesatan berpikir? Karena argumen macem gini biasanya gak ada kaitannya sama sekali dengan argumen yang disampaikan lawan.

Jatohnya cuma ngalihin isu aja.

#7 Cherry Picking

cherry-picking  10 Macam Logika Sesat yang Paling Sering Terjadi ketika Berargumen cherry picking

Dari namanya aja udah keliatan. Cherry picking terjadi ketika ada orang yang hanya menggunakan sumber sumber yang dia suka aja untuk mendukung argumen mereka.

Hal ini buwanyaak banget kejadian di kehidupan sehari hari. Kamu juga pasti pernah ngelakuin kan? Entah kamu yang cuma ngambil sumber yang kamu suka aja buat nopang presentasi yang kamu bawain? Atau sekedar beradu pendapat di social media.

Cherry Picking pada akhirnya hanya akan membuat wawasan kamu menjadi sempit. Bukan memperluas.

Kalo kata Ibu Sri Mulyani, “Semakin banyak kamu baca, bukan berarti wawasan kamu semakin luas. Karena kalo kamu cuma baca data-data dan pendapat yang kamu suka aja, yaa jadinya malah mempersempit sudut pandang kamu.”

Pesen dari Revoluside, kedepannya kamu juga harus baca ya dari segi kontra case yang kamu bawa. Kadang-kadang, banyak juga kok data-data yang lebih komprehensif dan punya benefit lain dari segi kontra-nya yang mungkin lebih memiliki dampak positif.

#8 Personal Incredulity

monet-911  10 Macam Logika Sesat yang Paling Sering Terjadi ketika Berargumen monet

Kesesatan berpikir macem gini terjadi biasanya ketika seseoranh menemukan sesuatu yang sulit untuk Ia mengerti, atau mungkin dirinya ‘unaware’ gimana sih cara kerja hal tersebut, Ia menjadi berkesimpulan bahwa mungkin hal itu cuma hoax!

Contohnya gini :

Tatang bersikeras mengatakan, “Runtuhnya gedung WTC itu cuma hoax! Gimana caranya coba gedung yang ditabrak pesawat dibagian atasnya bisa runtuh kebawah dengan rapih layaknya proses demolish bangunan yang di bom dibagian fondasi dasarnya?”

Kenapa ini termasuk kesesatan berpikir? Karena biasanya logika yang dipakai adalah logika first sight. Orang tersebut men-judge suatu hal menurut akal sehatnya aja tanpa mengkaji lebih dalam.

#9 BLACK-OR-WHITE

20141010-shootings-stats-630x420  10 Macam Logika Sesat yang Paling Sering Terjadi ketika Berargumen 20141010 shootings stats

Kalo gak A, yaaa B. Kalo gak B, yaa A. Gitu intinya.

Contohnya gini :

Papah bilang, “Kalo kamu mau sukses, yaa kamu jangan pacaran dulu!”

Kenapa ini termasuk kesesatan berpikir? Karena biasanya dari 2 atau lebih option yang ada, bisa kok dua dua nya jalan. Atau tiga tiganya jalan, dst.

Maksudnya adalah, kita bisa kok tetep jalanin A dan jalanin B sekaligus tanpa mengorbankan salah satu. Hal itu tergantung gimana mengatur dan menyikapi nya aja.

#10 Anecdotal

fast food and unhealthy eating concept - close up of fast food snacks and coca cola drink on wooden table  10 Macam Logika Sesat yang Paling Sering Terjadi ketika Berargumen 77f8f52f 30de 468d 81ac 64dbb57d911f

Hmm, kesesatan berpikir ini terjadi ketika kita menggunakan pengalaman pribadi atau contoh random lalu menjadikannya fakta dalam menyokong argumen.

Contohnya gini :

Beben bilang ke James, “Woy! Lo kenapa masih makan pizza h*t! Udah tau bahan-bahannya kadaluwarsa.”

Karena gak terima James bales ngomong, “Alah, udah 10 tahun gua makan pizza h*t dan gak kenapa napa tuh.”

Nah, kenapa ini termasuk kesalahan berpikir? Yaa karena suatu kejadian random, meskipun bernilai benar, masih belum cukup banget dalam menyokong sebuah kesimpulan dari suatu motion.

***

Gimana? Sekarang sudah mulai kebuka kan pikirannya? Udah bisa dong membedakan mana argumen yang sebenernya tai sapi dan mana argumen yang berkualitas?

Segitu aja deh dulu yang bisa Revoluside share. Semoga bermanfaat!

 

 

About the author

Rizky Zulkarnaen

Speaker, Writer, Engineer

Leave a Comment